Sabtu, 19 September 2020 15:47

​DPRD Jatim Dukung Dana Desa untuk Pembangunan dan Program Padat Karya

Selasa, 11 Agustus 2020 22:20 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​DPRD Jatim Dukung Dana Desa untuk Pembangunan dan Program Padat Karya
Hj. Dra. Aisyah Lilia Agustina, M.Si, Anggota Komisi A DPRD Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kebijakan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar agar para kepala desa menggunakan skala prioritas dalam penggunaan dana desa 2020 mendapat dukungan penuh anggota DPRD Jatim, Aisyah Lilia Agustina. Mengingat saat pendemi ini, masyarakat desa paling terasa dampaknya karena pendapatan mereka menurun drastis.

Aisyah mengungkapkan, desa yang telah dikucurkan dana desa oleh Kementerian Desa diminta memprioritaskan dua hal, yaitu ekonomi melalui pembangunan infrastruktur dan pelayanan kesehatan. Namun alokasi dana desa untuk tahun ini berbeda dengan sebelumnya yang difokuskan pada pembangunan.

"Kali berbeda karena dilatarbelakangi pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda dunia. Karena itu lebih prioritas ke pembangunan infrastruktur. Ini untuk mendongkrak perekonomian di desa," ujar politikus PKB yang akrab disapa Mbak Icha itu, Selasa (11/8).

Anggota Komisi A ini melanjutkan kebijakan berikutnya adalah mengadakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Pekerja yang terlibat dalam program tersebut tidak akan terlalu menekankan kemampuan atau skill pekerja. Yang pasti dapat bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Anggota Fraksi PKB ini mengakui, karena Covid-19 berpotensi terhadi resesi ekonomi. Mengingat besarnya gelombang PHK besar-besaran membuat daya beli masyarakat menurun. Bahkan angka kemiskinan diprediksikan bertambah.

Karenanya dengan adanya dana desa yang difokuskan untuk perekonomian desa perlu mendapat apresiasi. Kiranya melalui program padat karya dengan memanfaatkan dana desa diharapkan mampu mengangkat perekonomian masyarakat desa.

"Untuk padat karya diharapkan anggarannya dialokasikan terbanyak untuk pemberian upah yang diberikan secara harian,” tegasnya.

Di sisi lain, untuk pencegahan merebaknya pendemi corona, desa-desa diminta membentuk relawan Covid-19 dengan berbagai kegiatan. Di antaranya edukasi dan penanganan yang dikonsultasikan dengan pihak berwenang, seperti puskesmas, rumah sakit, dan yang lainnya. (mdr/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...