Terlanjur Bayar Biaya Reguler, Sertifikat Tanah Warga Sempu Banyuwangi Ternyata Diurus Lewat PTSL

Terlanjur Bayar Biaya Reguler, Sertifikat Tanah Warga Sempu Banyuwangi Ternyata Diurus Lewat PTSL Warga Sempu Banyuwangi yang mengeluh sertifikatnya jadi melalui program PTSL.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Beberapa warga Desa Sempu Kecamatan Sempu Banyuwangi menyesalkan sertifikat miliknya yang dimasukkan dalam daftar program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap () pada tahun 2019.

Sumaji, adalah salah satu warga Desa Sempu yang sertifikat miliknya masuk dalam program . Ia menceritakan, awalnya mengajukan sertifikat secara reguler dengan menyerahkan biaya 8.400.000 kepada salah satu oknum perangkat Desa berinisial HMS, pada tahun 2015 silam.

Namun, sertifikat yang sudah jadi bukan sertifikat dengan pengurusan secara reguler, melainkan sertifikat yang jadi adalah sertifikat yang masuk dalam program 2019. Ia pun mempertanyakan biaya yang sudah diserahkan. Pasalnya, apabila mengurus  melalui Rp. 150.000. Sehingga ada selisih cukup banyak dari biaya yang disetorkan.

“Saya tahu kalau mengurus lewat biaya murah, hanya seratus lima puluh ribu rupiah. Maka dari itu, saya meminta untuk HMS untuk mengembalikan sisa biaya pengurusan sertifikatnya. Dikarenakan sertifikat yang sudah jadi bukan dari pengurusan reguler, melainkan yang biayanya hanya seratus lima puluh ribu rupiah. Seandainya dalam waktu dekat ini sisa uang pengurusan tidak dikembalikan, saya berencana untuk melaporkan permasalahan ini ke pihak yang berwajib,” terangnya saat diwawancarai di rumahnya, Senin (10/8/2020).

Saat dikonfirmasi di kantornya terkait problem sertifikat yang pengurusannya lewat reguler menjadi , Kepala Desa Sempu Nanang Santoso mengaku pengurusan sertifikat tersebut sebelum dirinya menjadi kades. "Makanya saya tidak tahu pasti problem yang sebenarnya," paparnya.

"Seandainya itu bukan program , masalah biaya pengurusannya dibicarakan atas kesepakatan dua belah pihak, karena pengurusan reguler melibatkan notaris," jelasnya.

Ia membenarkan bahwa menarik biaya yang sangat besar pada program  tidak dibenarkan. "Karena itu sudah melanggar aturan yang sudah di tetapkan oleh pihak badan pertanahan nasional (BPN). Dalam program pendaftar di Desa Sempu sebanyak 1.400, dengan verifikasi 1.310 sudah jadi, dan 90 masih dalam proses," imbuhnya. (gda/rev)

(Kepala Desa Nanang Santoso saat dikonfirmasi di kantornya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO