Kamis, 01 Oktober 2020 10:19

​Wali Kota Kediri Ikuti Launching Virtual Gerakan 26 Juta Masker se-Jatim

Jumat, 07 Agustus 2020 21:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
​Wali Kota Kediri Ikuti Launching Virtual Gerakan 26 Juta Masker se-Jatim
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat mengikuti launching Gerakan 26 Juta Masker se-Provinsi Jawa Timur secara virtual. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemakaian masker yang tepat menjadi cara efektif untuk mencegah dan menekan penyebaran virus Covid-19. Untuk itulah, gerakan launching 26 juta masker dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hal ini mengingat Provinsi Jawa Timur menyumbang kasus terkonfirmasi positif Covid-19 paling banyak se-Indonesia.

Gerakan Nasional Indonesia bermasker ini merupakan program pemerintah pusat yang dicanangkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Launching Gerakan 26 Juta Masker se-Provinsi Jawa Timur ini diselenggarakan secara virtual dan diikuti oleh 38 kepala daerah beserta ketua TP PKK kabupaten/kota, Jumat (7/8).

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sangat mengapresiasi gerakan Indonesia Bermasker dan Jatim Bermasker. Karena Pemerintah Kota Kediri sejak awal juga terus menggelorakan atau mengedukasi masyarakat pentingnya bermasker di era pandemi covid-19 ini dan menjaga jarak.

"Kami tentu akan terus bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat khususnya PKK, TNI, Polri untuk terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya dan mesti wajib menggunakan masker di Kota Kediri serta menjaga jarak yang aman," kata mas Abu, sapaan wali kota.

Menurutnya, dalam waktu dekat dan ini juga sudah dilakukan oleh PKK yaitu mengadakan gerakan pembagian masker di Dasa Wisma ke rumah-rumah. "Selain itu juga dengan seluruh jajaran di pemerintah kota maupun TNI-Polri juga sudah terbiasa membagikan masker khususnya di tempat-tempat keramaian seperti di pasar, mall, jalan juga kita lakukan," jelasnya.

"Mudah-mudahan gerakan ini juga akan memperkecil resiko penularan dan penyebaran virus covid-19 ini," sambungnya.

Terkait arahan dari Presiden Joko Widodo untuk menggandeng PKK dalam gerakan ini, Mas Abu menuturkan bahwa peran PKK memang sangat penting karena PKK memiliki kader di setiap rumah. 

“Di Kota Kediri nanti kita akan menggerakkan juga, memberdayakan, pembuatan maskernya pun juga di kader-kader PKK yang ada di rumah-rumah itu nanti kita akan gerakkan. Jadi, kerja sama dengan pemerintah daerah,” tuturnya.

Ia menambahkan, sebelumnya Kota Kediri juga sudah melakukan gerakan pembagian masker pada pertengahan bulan Maret dengan melibatkan para pengrajin tenun dan penjahit di Kota Kediri.

Pertengahan Maret 2020, lanjut Mas Abu, pihaknya telah membuat pernyataan bahwa ini ada pandemi. Pihaknya lalu berinisiatif untuk membuat masker yang dapat digunakan ulang sehingga pemkot menggandeng pengrajin tenun. Karena pada saat itu dikhawatirkan para pengrajin tenun dan penjahit terkena dampak yang paling awal. 

"Karena tidak ada kegiatan ekonomi sehingga digunakanlah masker kain tenun. Nah, akhirnya masker itu kita pesan dengan jumlah yang sangat besar sehingga bisa kita bagikan secara langsung kepada masyarakat khususnya warga terdampak waktu itu. Yang dibagikan bersamaan dengan jaring pengaman sosial yang dari daerah Kota Kediri. Jadi, setiap keluarga itu dapat satu atau dua," pungkasnya. (uji/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Rabu, 30 September 2020 20:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Pada tahun 90-an. Saat itu saya baru nikah. Saya bersama beberapa anak muda nongkrong di warung kopi. Tak jauh dari rumah. Warung itu terletak di pinggir jalan. Sekitar 300 meter dari Fakultas Kedokteran Universitas Ai...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...