Sabtu, 23 Januari 2021 12:28

Sempat Lockdown, Kini Kantor DPRD Kota Probolinggo Dibuka Kembali

Rabu, 29 Juli 2020 20:19 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Andi Sirajudin
Sempat Lockdown, Kini Kantor DPRD Kota Probolinggo Dibuka Kembali
Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Probolinggo saat menggelar jumpa pers. (foto: ist).

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Meski ada satu Anggota DPRD Kota Probolinggo yang diumumkan terkonfirmasi positif terpapar Covid-19. Namun, sejauh ini Ketua DPRD Kota Probolinggo mengumumkan bahwa gedung DPRD tetap dibuka.

"Sejauh ini sudah dilakukan tes swab kepada 100 orang staf dan seluruh anggota DPRD. Ada dua orang anggota dewan yang ternyata positif Covid-19 yang berinisial DR dan SR. Silakan lebih jauhnya konfirmasi langsung ke Dinas Kesehatan," ujar Ketua DPRD Kota Probolinggo, Abdul Mujib saat menggelar pers rilis di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Kota Probolinggo didampingi dua Wakil Ketua, Haris Nasution dan Fernanda Zulkarnaen, Rabu (29/7/2020).

Politikus PKB ini menjelaskan bahwa masuknya Covid-19 ke kantor DPRD setelah adanya satu staf sekretariatan DPRD yang dinyatakan positif.

"Sejauh ini kita belum tahu sumbernya dari mana, karena tidak diketahui terpaparnya. Setelah diumumkan ada salah satu staf terpapar Covid-19, kita langsung ambil tindakan dengan menutup akses masuk kantor dewan atau lockdown. Namun, mulai hari ini, lockdown ini kita cabut," terangnya.

Tidak hanya itu, Abdul Mujib juga merinci jika sejauh ini telah dilakukan tes swab kepada para anggota dewan dan staf. Dari 30 anggota dewan, 2 di antaranya terkonfirmasi positif dan 4 orang lainnya masih belum keluar hasilnya. Sedangkan dari 61 orang staf DPRD, 41 di antaranya terkonfirmasi negatif dan 20 orang belum keluar hasilnya.

"Kalau yang anggota dewan, ada 4 orang yang belum keluar hasilnya. Kita wajibkan, agar mereka semua sementara tidak beraktivitas di luar," katanya.

Setelah menerima hasil tes swab, Mujib pun menyatakan status lockdown Kantor DPRD Kota Probolinggo dicabut. Hal ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang menyebutkan bahwa pemerintahan berjalan seirama dengan legislatif.

“Dengan demikian saya nyatakan status lockdown DPRD Kota Probolinggo dicabut dan kami yang terkonfirmasi negatif akan melakukan kegiatan seperti sedia kala, karena banyak agenda yang sudah menunggu,” tukasnya. (ndi/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...