Kamis, 03 Desember 2020 14:16

Tak Terima Dimutasi, Guru SMAN 1 Sumenep Protes Kebijakan Kacab Dindik

Senin, 27 Juli 2020 21:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Tak Terima Dimutasi, Guru SMAN 1 Sumenep Protes Kebijakan Kacab Dindik
Churiyanto.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Churiyanto, guru PNS yang bertugas di SMAN 1 Sumenep melakukan protes atas kebijakan mutasi terhadap dirinya. Churiyanto menuding Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sumenep, Syamsul Arifin, memindah-tugaskan dirinya hanya karena alasan dendam terhadap dirinya.

“Saat itu Bapak Syamsul Arifin menjabat Kepala Cabang (Kacab) Dindik wilayah Sumenep. Mutasi ini sangat tidak wajar dan kuat sekali karena dendam Kacab Dinas Pendidikan saja,” ujar Churiyanto saat diwawancarai BANGSAONLINE.com, Senin (27/07)

Menurut Churiyanto, masalahnya dengan Syamsul Arifin berawal saat rapat sekolah. Saat itu, ia mengusulkan pembuatan grup WhatsApp dengan anggota wali kelas dan wali murid. Namun, usul itu tak ditindaklanjuti oleh Syamsul Arifin yang saat itu masih menjabat Kepala SMAN 1 Sumenep.

"Saat itu bukan menerima atau menganalisa dulu saran saya, dia justru berlawanan dengan saran saya dan menganggap langkah grup WhatsApp yang saya buat tidak membuat berkembang," ucap Churiyanto.

Karena itu, ia mengaku keberatan dimutasi, karena dilakukan tanpa prosedur yang jelas. "Saya tidak pernah mengajukan surat pindah dan saya selama ini sebagai guru Geografi yang paling senior," katanya.

Lanjut Churiyanto, selama ini dirinya juga tidak memiliki permasalahan selama mengajar di SMAN 1 Sumenep. "Sebagai ASN, saya siap dimutasi ke mana saja dan ditempatkan di mana saja, selama mutasi tidak menyalahi regulasi yang ditetapkan pemerintah," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya mengajukan keberatan ke Dinas Pendidikan Provinsi, dan juga Menteri Pendidikan di Jakarta. "Semua akan saya beberkan, kenapa saya harus dimutasi dengan cara yang dholim. Tunggu saatnya saya akan memperjuangkan hak-hak saya. Bagaimanapun saya akan prjuangkan hak-hak saya," pungkasnya.

Dikonfirmasi terakit hal ini, Kacab Dinas Pendidikan wilayah Sumenep Syamsul Arifin menegaskan mutasi terhadap Churiyanto berdasarkan desakan dari seluruh guru SMAN 1 Sumenep.

"Jika tidak percaya silakan mas, bisa anda tanyakan ke semua guru SMAN 1 Sumenep, bahwa ada desakan dari semua guru SMAN 1 Sumenep," ujarnya. (aln/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...