Senin, 25 Januari 2021 20:25

Sururi Tegaskan Gus Yani Bukan Penghianat Partai karena Maju Pilbup Gresik 2020

Sabtu, 25 Juli 2020 11:29 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Sururi Tegaskan Gus Yani Bukan Penghianat Partai karena Maju Pilbup Gresik 2020
Gus Yani (kanan) bersama jubir pasangan Niat, Sururi. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tim bakal calon bupati (bacabup) Gresik Fandi Akhmad Yani, angkat bicara soal tudingan terhadap Fandi Akhmad Yani yang disebut sebagai pengkhianat partai, karena maju pada Pilbup Gresik 2020 melalui parpol lain di luar PKB yang membesarkannya.

Juru bicara pasangan Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (Niat), Sururi mengungkapkan, majunya Gus Yani pada Pilbup Gresik melalui parpol di luar PKB bukan merupakan pengkhianatan partai.

"Jadi, langkah Gus Yani maju Pilbup itu bukan bentuk pengkhianatan partai. Majunya Gus Yani sebagai calon bupati bukan ambisi pribadi. Tetapi amanah para masyayikh, para ulama, masyarakat, dan partai koalisi di Gresik untuk menuju Perubahan Gresik Baru, Perubahan Gresik yang lebih baik," ujar Sururi kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (25/7).

Terkait pencopotan Gus Yani dari jabatan Ketua DPRD Gresik periode 2019-2024 oleh PKB, Sururi mengungkapkan bahwa mantu KH. Agus Ali Mashuri itu masih menunggu mekanisme yang ada di DPRD Gresik.

"DPRD melalui proses badan musyawarah (Banmus) akan mengusulkan usulan pergantian Ketua DPRD ke Gubernur setelah DPC PKB melalui fraksi mengajukan pergantian Ketua DPRD ke pimpinan DPRD. Jadi, masih berproses. Nanti setelah mendapatkan persetujuan dari Gebernur, baru DPRD Gresik menggelar paripurna pergantian pimpinan DPRD. Untuk itu, kami meminta Moh. Abdul Qodir sebagai pengganti bersabar," kata Ketua Pergunu Jawa Timur ini.

Sururi menjelaskan, bahwa Gus Yani memang sudah siap meninggalkan jabatan sebagai Ketua dan Anggota DPRD Gresik, demi bisa maju di Pilbup Gresik.

"Gus Yani sangat paham harus menanggalkan jabatan anggota DPRD setelah mendaftar di KPU pada 4-6 September dan ditetapkan menjadi calon pada 23 September," terang Sururi.

Lebih jauh, Sururi mengatakan bahwa Gus Yani telah banyak menorehkan prestasi selama hampir setahun menjabat Ketua DPRD Gresik. "Sebagai Ketua DPRD Gresik, Gus Yani sangat membantu kepentingan rakyat, mengontrol pemerintah yang kurang tanggap kepada persoalan rakyat Gresik," urainya.

Sururi mencontohkan torehan prestasi Gus Yani, yakni memperjuangkan peningkatan anggaran bantuan keuangan khusus (BKK) baik melalui Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD), penanganan Kali Lamong agar terbebas dari banjir, dan bantuan penangan dampak pandemik Covid-19 sebesar Rp 298 miliar yang di dalamnya terdapat bantuan langsung tunai (BLT) program jaringan pengaman sosial (JPS).

Kemudian, rapid test gratis bagi para mahasiswa untuk syarat tes masuk perguruan tinggi (PT), dan para santri kembali masuk di Ponpes yang ada di Kabupaten Gresik, dan sejumlah keberhasilan lain.

"Insya Allah ikhtiar Gus Yani menuju Bupati Gresik akan terwujud," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, DPP PKB memutuskan mencopot Gus Yani, sapaan akrab Fandi Akhmad Yani, dari jabatan Ketua DPRD Gresik periode 2019-2024. PKB mengangkat Ketua Fraksi PKB Moch Abdul Qodir sebagai penggantinya.

Pencopotan dan pergantian itu mengacu Surat Keputusan (SK) DPP PKB Nomor 3013/DPP/01/VII/2020, tentang Penetapan Perubahan Unsur Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur Periode 2019-2024 dari Partai Kebangkitan Bangsa. (hud/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...