Minggu, 25 Oktober 2020 06:12

Jenazah Tukang Gali Sumur di Bojonegoro yang Tertimbun Longsor 9 Meter Berhasil Dievakuasi

Selasa, 21 Juli 2020 17:41 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Eky Nurhadi
Jenazah Tukang Gali Sumur di Bojonegoro yang Tertimbun Longsor 9 Meter Berhasil Dievakuasi
Proses evakuasi jasad korban. (foto: ist).

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi jasad Saki (42), warga Desa Megale, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (21/7/2020). Korban yang bekerja sebagai tukang gali sumur itu, diketahui tertimbun tanah longsor dengan kedalaman sembilan meter pada Minggu (19/7/2020) sore kemarin.

Petugas gabungan dari BPBD, Damkar, TNI, Polri, dan para relawan mengerahkan dua unit Excavator untuk mengeruk tanah di lokasi kejadian, tepatnya di Desa Tlogohaji, Kecamatan Sumberejo sejak Senin pagi hingga Selasa siang. Korban berhasil dievakuasi setelah tanah dikeruk dengan kedalaman sembilan meter.

"Petugas sempat mengalami kendala akibat tanah mudah longsor, karena tanah bercampur berpasir. Selain itu, ribuan warga berjubel menonton mengelilingi lokasi dan yang berpengaruh pada alat berat untuk bermanuver mengeruk tanah," ujar Nurcholis, Agen Bencana BPBD Provinsi Jatim di Bojonegoro, Selasa (21/7/2020).

Kata dia, jasad korban berhasil diangkat petugas sekitar pukul 10.25 WIB. Jenazah korban selanjutnya diidentifikasi dan langsung dibawa ke rumah duka di Kecamatan Kedungadem.

"Korban tertimbun tanah sekitar lima meter, dengan kedalaman galian sembilan meter (kedalaman sumur yang dibuat korban)," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, korban Saki yang merupakan tukang gali sumur itu, pada Minggu sore bermaksud naik ke atas permukaan saat sore hari pukul 15.25 WIB. Namun nahas, saat korban masih berada di dasar sumur, tanah yang berada di atas longsor dan menimpa korban.

Penyebab longsornya tanah, yakni beberapa decker (beton berbentuk bulat) yang digunakan untuk penahan tanah lubangan sumur anjlok dan pecah, sehingga tanah yang bercampur pasir langsung longsor menimpa korban yang masih di dasar.

Saki bekerja membuat sumur milik Supriyanto (55), Warga RT 17 Dusun Tawang, Desa Tlogohaji, Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro sejak beberapa hari terakhir. Sebanyak 18 decker sudah terpasang ke dalam tanah dengan kedalaman sembilan meter dari atas permukaan. (nur/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 23 Oktober 2020 18:47 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Kampoeng Anggrek, pikiran orang pasti melayang ke area perkebunan yang asri di Lereng Gunung Kelud. Ya, Kampoeng Anggrek, merupakan kawasan wisata bunga, produksi dan penjualan anggrek. Terletak di Leren...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Jumat, 23 Oktober 2020 10:38 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...