Bersih Desa, Pemdes Kupuk Ponorogo Gelar Wayang Kulit di Siang Hari

Bersih Desa, Pemdes Kupuk Ponorogo Gelar Wayang Kulit di Siang Hari Pementasan wayang kulit pada siang hari dalam rangka bersih Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal. (foto: ist).

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Meskipun saat ini tengah berlangsung pandemi Covid-19, budaya lokal tetap harus diupayakan untuk dilestarikan. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo.

Pemdes setempat menggelar pada siang hari di area Wisata Beji Tunggul Wulung, Minggu (19/7/2020). Hal tersebut dilakukan dalam rangka acara bersih desa setempat.

Kades Kupuk yang akrab disapa Agustino mengatakan, kegiatan bersih desa ini berbeda dibanding tahun sebelumnya. Lebih sederhana dan khidmat. Di hari sebelumnya juga diselenggarakan ritual adat dengan menyembelih kambing yang dibagikan ke masyarakat desa setempat.

"Seperti sekarang ini, biasanya digelar semalam suntuk, kali ini sengaja kita gelar pada siang hari. Hal tersebut dilakukan guna menghindari kerumunan massa agar tidak terjangkit wabah Covid-19," ujarnya, Minggu (19/7/2020).

Selain itu, lanjutnya, dalam perhelatan yang digelar ini baik dari dalang, penabuh, sinden, dan masyarakat yang hadir tetap mengedepankan protokol kesehatan, yakni pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

"Kegiatan bersih desa di tengah pandemi Covid-19 tetap kita laksanakan karena merupakan sebagai bentuk wujud rasa syukur atas terciptanya masyarakat desa yang guyub, rukun, damai sejahtera, dan gemah ripah lohjinawi," jelasnya.

Dikatakannya, bukan keramaian yang menjadi tujuan utama, melainkan kekhidmatan dan kekompakannya guna menuju kegotongroyongan dalam sebuah momen acara menyambut bersih desa itu sendiri yang ditanamkan.

"Mudah-mudahan dengan bersih desa ini, semua warga khususnya di Desa Kupuk terhindar dari wabah ini," tukasnya. (nov/rd/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO