Monitoring Selesai, Bawaslu Jatim Fokus Rekapitulasi Verfak Calon Perseorangan Pilkada 2020

Monitoring Selesai, Bawaslu Jatim Fokus Rekapitulasi Verfak Calon Perseorangan Pilkada 2020 Kantor Bawaslu Jawa Timur. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur sampai saat ini masih fokus melakukan pengawasan proses rekapitulasi hasil verifikasi faktual (verfak) calon perseorangan di 6 kabupaten/kota dari 19 kabupaten/kota di Jawa Timur yang menggelar .

Aang Kunaifi, S.H., M.H., Komisioner Bawaslu Jatim Koordinator Divisi Pengawasan mengatakan, tahapan yang saat ini menjadi monitoringnya adalah verfak calon perseorangan di 6 kabupaten/kota. Pelaksanaan monitoring ini berlangsung selama 14 hari, yakni dari tanggal 24 Juni sampai 12 Juli 2020.

"Kita memastikan keterpenuhan syarat calon dari calon perseorangan ini sudah memenuhi syarat apa belum untuk mengikuti serentak," ujarnya, Rabu (15/7/2020).

Menurut Aang, verfak calon perseorangan ini sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020, yakni bertugas mengawasi dan memastikan syarat calon dan prosedur verifikasi, termasuk protokol kesehatan telah dijalankan oleh KPU selaku penyelenggara teknis pemilihan.

"Verfak calon perseorangan ini sebenarnya sudah selesai, tinggal menunggu rekapitulasi nantinya," terangnya.

Syarat dukungan maju calon perseorangan pun, tambah Aang, berbeda-beda tergantung jumlah pemilih di setiap daerah. Jadi setiap daerah yang ada calon perseorangan tidak sama.

"Misalnya Kota Surabaya, calon perseorangan yang akan maju harus mempunyai syarat dukungan minimal seratus ribu dari jumlah penduduk Surabaya, dari dua juta sekian. Dan akan berbeda syarat dukungan calon perseorangan dari Blitar yang hanya tiga puluh ribu sekian," ulasnya.

Seperti diketahui, 19 kabupaten/kota di Jawa Timur bakal menggelar secara serentak, dan enam kabupaten/kota di antaranya, mempunyai calon perseorangan, yakni Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Kabupaten Malang, Jember, dan Kota Blitar. (sby2/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO