Sabtu, 26 September 2020 08:22

Tunggu Jadwal Masuk Sekolah, ​Siswa di Dusun Krampo Arosbaya Isi Waktu dengan Hafalan Quran

Rabu, 15 Juli 2020 14:17 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Subaidah
Tunggu Jadwal Masuk Sekolah, ​Siswa di Dusun Krampo Arosbaya Isi Waktu dengan Hafalan Quran
Ustadz Marsup saat membimbing anak-anak hafalan Al-Quran juz 30.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Belum dipastikannya jadwal belajar tatap muka di sekolah akibat pandemi Covid-19, dimanfaatkan sekumpulan anak di Dusun Krampo Desa Tengket, Kecamatan Arosbaya, dengan belajar menghafal Al-Quran.

Kegiatan menghafal Al-Quran juz 30 ini dibimbing oleh Ustadz Marsup, agar anak-anak di lingkungan rumahnya memiliki aktivitas di saat pandemik Covid-19.

"Sebenarnya anak-anak ini memang santri di mushola kami. Hanya saja, biar ada tambahan kegiatan, saya ajak mereka untuk belajar menghafal Al-Quran juz 30. Apalagi sekarang saya ada bantuan ustadz dari Pasuruan," jelas ustadz Marsup kepada wartawan BANGSAONLINE.com, Rabu (15/7/2020).

Dikatakannya, bahwa aktivitas belajar menghafal juz 30 ini dilakukan pada waktu shubuh hingga terbit fajar. Dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan.

"Karena yang belajar adalah anak tetangga sendiri, dan kampung kami juga menjadi Kampung Tangguh Covid-19, jadi tetap kami perhatikan protokol kesehatan dengan selalu cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan," ungkap Marsup yang juga menjabat sebagai Ketua Kampung Tangguh Desa Tengket.

Selain belajar menghafal, kegiatan lain yang dilakukan santrinya untuk mengisi waktu luang selama di rumah yakni, dengan belajar bahasa Arab dan ilmu fiqih yang dipandu oleh Ustadz Sulaiman dari Pasuruan ini.

"Jadi kegiatan anak di Dusun Krampo ini tidak sebatas itu saja. Siang hari kita ada jam belajar bahasa Arab dan fiqih, maghribnya belajar membaca Al-Quran dan waktu shubuh kita lakukan hafalan Al-Quran," tuturnya.

Dengan dilakukan kegiatan ini, ia berharap anak-anak di Dusun Krampo bisa lebih memiliki pemikiran yang positif di tengah masifnya kasus pandemik Covid-19.

"Semoga saja, melalui kegiatan mengisi waktu luang di tengah pandemik Covid-19, hafalan anak-anak bisa terus berlanjut. Bukan hanya di juz 30 saja, tapi bisa menjadi hafidz Qur'an," harapnya.

Sementara itu, Imron salah satu siswa SDN Tengket 1 mengaku senang mengikuti kegiatan menghafal Al-Qur'an Juz 30 ini.

"Daripada bosan di rumah gak masuk sekolah, mending ikutan menghafal. Alhamdulillah saya sudah hafal beberapa surat," ujarnya polos. (ida/uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...