Sesak Dihirup dan Panas di Mata, ​Tumpukan Limbah B3 Dikeluhkan Warga Jombang

Sesak Dihirup dan Panas di Mata, ​Tumpukan Limbah B3 Dikeluhkan Warga Jombang Tumpukan limbah B3 yang berada di halaman sebuah bangunan kandang ayam berlokasi di tengah areal persawahan.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Tumpukan limbah B3 berbentuk abu aluminium ditemukan dibuang sembarangan di areal persawahan yang berada di Dusun/Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Saat ditemukan, tumpukan limbah tersebut berada di halaman sebuah bangunan kandang ayam dengan lokasi di tengah persawahan di perbatasan Desa Karangdagangan dan Desa Tinggar dengan jarak sekitar 200 meter dari permukiman warga.

Pantauan di lapangan, ada dua titik timbunan yang masing-masing panjangnya lebih dari 20 meter dengan tebal tumpukan hingga tiga karung. Tumpukan pertama membujur ke Utara-Selatan, sementara tumpukan yang lebih besar, terlihat membujur ke Barat-Timur.

Namun letak tumpukan tersebut saling menyambung, antara tumpukan satu dan tumpukan dua. Nampak di lokasi, tumpukan ini masih terlihat baru. Hal ini bisa dirasakan dari bau limbah yang masih menyengat, dengan beberapa tumpukan limbah yang belum mengeras.

Dari keterangan beberapa warga setempat, tumpukan itu disebut sengaja didatangkan pemilik kandang ayam. Prosesnya pun berlangsung dalam sebulan terakhir.

“Kalau uruknya memang masih baru, masih tiga mingguan, kalau kandangnya sudah lebih lama memang,” ucap S (60), salah satu warga setempat yang tak mau disebutkan namanya saat ditemui wartawan di lokasi, Jum’at (10/07/20).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO