Kamis, 17 Juni 2021 12:26

​Bryan dan Ronaldo, Dua Milenial Masuk Islam di Masjid Al-Akbar Surabaya

Jumat, 10 Juli 2020 17:31 WIB
Editor: MMA
​Bryan dan Ronaldo, Dua Milenial Masuk Islam di Masjid Al-Akbar Surabaya
Imam Masjid Nasional Al-Akbar KH Abdul Hamid Abdullah menjabat tangan Bryan Febriyanto saat menuntun ikrar baca dua kalimat syahadat di Masjid Nasional Al-Akbar, Surabaya, Jumat (10/7/2020). foto: MMA/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Para milenial semakin banyak yang tertarik dengan agama Islam. Bahkan para remaja non-muslim pun kini berbondong-bondong mengikrarkan dua kalimat syahadat dan masuk Islam.

Hari ini, Jumat (10/7/2020), dua milenial kembali memutuskan menjadi mualaf di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Yaitu Bryan Febriyanto dan Gyllian Pauli Ronaldo PP. Dua pemuda itu mengikrarkan dua kalimat syahadat di depan Imam Masjid Nasional Al-Akbar, KH Abdul Hamid Abdullah.

(Gyllian Pauli Ronaldo PP saat dituntun baca dua kalimat syahadat oleh KH Abdul Hamid Abdullah. foto: MMA/ BANGSAONLINE.COM)

BACA JUGA : 

Tentukan Waktu Shalat, Tim Gabungan Kemenag Jatim Observasi di Tuban

Peristiwa Langka! Kakak-Adik Berebut Hak Asuh Ibu Hingga Pengadilan, Bukan Rebutan Warisan

Hafidz Asal Mojokerto Terpilih Imam Masjid Besar di UEA, Ini Pesan Gubernur Khofifah

​Ingin Dapat Lailatul Qadar? Ini Pesan Kiai Asep di Masjid Agung Batam

Namun sebelum menuntun dua remaja itu melafalkan kalimat syahadat, Kiai Abdul Hamid bertanya dulu kepada mereka. Semula Bryan Febriyanto yang ditanya.

“Sebelum ini apa agamanya,” tanya kiai bersuara merdu itu.

“Kristen,” jawab milenial berambut gondrong kelahiran 02 Februari 2000 itu.

“Sudah menikah?,” tanya Kiai Abdul Hamid lagi. Ia menjawab belum.

“Apakah karena mau nikah masuk Islam,” tanya Kiai itu lagi. Ia menjawab, tidak.

“Apakah sudah punya calon istri?,” Tanya sang kiai lagi.

“Belum,” jawab Bryan.

“Lalu kenapa masuk Islam,” Tanya Kiai Abdul Hamid. Bryan menjawab karena tuntutan hati nurani.

Kiai Abdul Hamid pun langsung menjabat tangan Bryan sambil menuntun membaca dua kalimat syahadat. Asyhadualla ilahaillallah waasyhaduanna muhammadarrasulullah. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah.

Lalu Kiai Abdul Hamid bertanya kepada Gyllian Pauli Ronaldo PP dengan pertanyaan yang sama. Jawabanya sama dengan Bryan. Milenial kelahiran Semarang 07 Juli 1992 itu semula juga beragama Kristen. Catatan BANGSAONLINE.com, para muallaf paling banyak berasal dari agama Kristen.

Ketika ditanya apa masih belum menikah juga belum. Ia juga mengaku belum punya istri dan belum punya calon istri. Ia masuk Islam karena meyakini bahwa Islam agama yang benar.

Kiai Abdul Hamid langsung menjabat tangan Gyllian Pauli Ronaldo PP. Ia menuntun membaca dua kalimat syahadat.

Kepada BANGSAONLINE.com, Kiai Abdul Hamid mengatakan bahwa untuk memperkuat iman mereka, pihak Masjid Al-Akbar terus menuntun mereka dengan mengajarkan ilmu agama Islam. “Waktunya ya sesuai yang disepakati,” kata Kiai Abdul Hamid.

Sementara Rofi’I, Humas Masjid Nasional Al-Akbar, menuturkan sebenarnya yang daftar masuk Islam hari ini tiga orang. Tapi yang satu berhalangan hadir. “Dari Surabaya,” kata Rofi’i kepada BANGSAONLINE.com usai acara ikrar syahadat tersebut. (MMA) 

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merdeka Cov...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected]o.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...