THR Belum Dibayar, Buruh Pabrik PT SGS Jombang Unjuk Rasa

THR Belum Dibayar, Buruh Pabrik PT SGS Jombang Unjuk Rasa Aksi puluhan buruh PT. SGS saat unjuk rasa.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Puluhan buruh pabrik PT. Sumber Graha Sejahtera (SGS) yang berada di Desa Ketanon, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang melakukan aksi unjuk rasa di jalan. Mereka menuntut uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang belum dibayarkan oleh perusahaan hingga saat ini.

Unjuk rasa tersebut digelar di depan kantor Dinas Ketenagakerjaan Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim, Kecamatan Jombang. Massa aksi yang mengatasnamakan Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) PT SGS Jombang membentuk barisan dengan membentangkan spanduk dan poster tuntutan. Salah satu poster tertulis “Covid-19 bukan alasan menunda bayar THR”.

Di sela unjuk rasa, sejumlah massa aksi juga terlihat bergantian melakukan orasi. Mereka menyuarakan bahwa hak buruh berupa THR belum dibayarkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

“Bayar hak THR kami beserta denda keterlambatannya,” cetus Korlap aksi GSBI PT SGS Jombang, Sutrisno, pada orasinya, Kamis (09/07/20).

Sutrisno menambahkan, ada sekitar 32 buruh yang hingga saat ini belum menerima THR dari PT SGS Jombang. Besaran THR yang seharusnya diterima para buruh ini sesuai UMK Jombang yakni Rp 2,6 juta.

“Hingga hari ini belum ada titik temu soal THR yang belum terbayarkan. Ada kurang lebih 32 buruh yang belum dibayar THR-nya. Tapi sesuai data kami ada 42 orang yang belum dibayar THR-nya,” tuturnya.

Dijelaskan Sutrisno, alasan perusahaan belum memberikan THR kepada para buruh ini karena dampak Covid-19, yang berpengaruh ke manajemen perusahaan. Meski ada regulasi yang mengatur pembayaran THR di masa pandemi ini, dirinya menilai pihak perusahaan tidak transparan pada buruh.

“Covid-19 ini memang menghambat pembayaran THR. Meski ada ketentuan pembayaran secara mencicil. Akan tetapi ada klausul yang mengharuskan jika pembayaran itu dilakukan secara mencicil, maka tunjukkan internal keuangan perusahaan,” tegasnya.

Lihat juga video 'Gaji Nunggak 5 Bulan, Buruh Pabrik di Pasuruan Mogok Kerja':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO