Sabtu, 31 Oktober 2020 04:53

Terus Bertambah, 41 Pasien Sembuh Covid-19 Kabupaten Pasuruan Dipulangkan

Selasa, 07 Juli 2020 21:19 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Fuad
Terus Bertambah, 41 Pasien Sembuh Covid-19 Kabupaten Pasuruan Dipulangkan
Dandim Burhan, Bupati Irsyad, Kapolres Rofik, dan beberapa pejabat lainnya.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Setelah menjalani isolasi selama 17 hari, akhirnya 41 pasien positif corona dipulangkan. Hal itu dilakukan karena dokter sudah menyatakan bahwa mereka sudah negatif corona. Mereka dilepas dari Rumah Isolasi SKB (Sehat, Kuat, Bahagia) Pandaan, Selasa (7/7/2020) sore. Itu artinya, puluhan warga ini sudah boleh berkumpul kembali dengan keluarganya.

Ke 41 warga yang sembuh dari virus corona ini terdiri dari 22 warga Kecamatan Gempol, 5 warga Bangil, 1 warga Rejoso, 2 warga Sukorejo, 3 warga Gondangwetan, 1 warga Purwosari, 1 warga Kraton, 5 warga Pandaan, dan 1 warga Purwodadi.

Dalam sambutannya, Bupati Irsyad mengaku sangat bersyukur dengan lompatan jumlah warga Kabupaten Pasuruan yang sembuh dari Covid-19. Dengan banyaknya warga yang dinyatakan bebas dari virus corona, secara otomatis akan berdampak pada semakin optimismenya seluruh pasien lain yang hingga kini masih dirawat. Baik di SKB Pandaan, Permata Biru, Prigen, maupun di RSUD Bangil dan RSUD Grati.

“Alhamdulillah, sangat bersyukur dengan semakin banyaknya warga yang sembuh dari Covid-19. Kabar ini harus diketahui oleh pasien lain, sehingga termotivasi untuk bisa sembuh dari Covid-19. Karena ini juga menjadi bukti bahwa corona bisa disembuhkan,” katanya.

Irsyad meyakinkan kepada pasien positif Covid-19 bahwa virus corona ini bisa disembuhkan dengan semangat yang tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, mengonsumsi makanan yang bergizi, asupan vitamin disertai probiotik, dan pola pikir yang selalu positif.

“Selama dirawat, semua petugas kesehatan selalu memberikan suntikan motivasi kepada para pasien bahwa virus corona ini bisa disembuhkan. Di samping itu, asupan gizi, vitamin dan minuman probiotik selalu diberikan setiap harinya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Irsyad menegaskan bahwa dalam mempercepat penanganan corona di Kabupaten Pasuruan, Anggota Gugus Tugas Covid-19 saling berbagi tugas satu sama lain. Seperti Dandim 0819 Pasuruan yang bertugas di bidang kesehatan, Kapolres Pasuruan dengan terus menegakkan pentingnya kedisiplinan di kalangan karyawan perusahaan, Kejari dengan tugas di bidang perdagangan, Ketua PN Bangil di bidang kepariwisataan, dan tugas penting lainnya.

“Kita ketahui bersama bahwa Presiden Jokowi meminta langkah percepatan dari semua kepala daerah di Jawa Timur. Salah satunya Kabupaten Pasuruan untuk bagaimana bisa terus menekan kasus virus corona di Kabupaten Pasuruan. Maka dari itu, saya, Wakil Bupati dan Forpimda saling berbagi tugas supaya efektif dan terukur,” tegasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Irsyad juga mengajak seluruh warga yang sembuh dari Covid-19, untuk menjadi motor (penggerak) dalam menyosialisasikan pentingnya melaksanakan anjuran pemerintah dalam memotong penyebaran virus corona di lingkungannya masing-masing.

“Saat ini, bukan hanya dokter dan tenaga kesehatan saja yang menjadi pahlawan. Tapi warga yang sembuh dari Covid-19 juga harus menjadi pahlawan untuk mengedukasi warga lainnya tentang virus corona. Perang ini belum selesai, dan akan selesai kalau sama-sama kita lawan dengan kebersamaan, kedisiplinan, dan kesabaran,” tegasnya.

Dengan sembuhnya 41 pasien dari virus corona, maka total jumlah warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan bebas dari Covid-19 sebanyak 124 orang. (afa/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...