Datangi Kantor DPRD Sampang, ​Ulama Khos dan Habaib Demo Tolak RUU HIP

Datangi Kantor DPRD Sampang, ​Ulama Khos dan Habaib Demo Tolak RUU HIP Peserta aksi saat di depan Gedung DPRD Sampang.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Aksi penolakan RUU HIP terus bergulir. Tidak terkecuali di . Para tokoh dan alim ulama, habaib, ormas, OKP, dan lembaga lainnya akhirnya turun gunung. Dipimpin K.H. Mahrus Abdul Malik, Pengasuh Ponpes Al Ihsan Jrenguan dan tokoh-tokoh sentral lainnya, mereka melakukan aksi demo di Gedung DPRD Kabupaten , Senin (6/7/2020).

Peserta aksi sebagian ulama dan Habaib ini, memulai aksinya dari titik kumpul yang berada di depan Masjid Agung Tugu Monumen menuju Kantor DPRD Kabupaten , dengan berjalan kaki, sambil meneriakkan takbir dan penolakan RUU HIP.

Tampak beberapa ulama khos yang juga ambil bagian dalam aksi penolakan RUU HIP itu. Di antaranya, K.H. Nurun Tajalla, K.H. Djakfar Sodik, K.H. Muktamar Shinhaji, K.H. Faurok Alawy, K.H. Syahrul, dan  K.H. Muktadir.

Koordinator aksi, K.H. Djakfar Sodik menyatakan bahwa aksi para ulama ini bertujuan untuk mempertanyakan kejelasan terkait dengan surat penolakan RUU HIP yang sebelumnya sudah dikirimkan kepada DPR RI melalui DPRD .

Pada April 2020 lalu, pihaknya mengaku sudah melayangkan surat ke DPR RI untuk meminta agar RUU HIP dicabut. Tapi, kenyataannya Pemerintah dan DPR hanya menunda pembahasan bukan menghapusnya dari prolegnas. Padahal, muatan mengenai Trisila dan Ekasila dalam RUU HIP menjadi polemik dan mendapat protes dari berbagai pihak, termasuk dari ulama dan habaib di Madura.

“Kami menilai keberadaan pasal yang menerjemahkan Pancasila menjadi Trisila dan Ekasila dalam draf RUU HIP itu mereduksi Pancasila, keluar dari amandemen Pancasila dan memberikan peluang bangkitnya komunis di Indonesia,” ungkap Mantan Anggota DPR RI ini.

Kenapa Pancasila yang sudah final, lanjut Jakfar Shodik, masih mau diutak-atik lagi. "Karena itu kami dengan tegas menolak RUU HIP disahkan menjadi UU,” tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO