Kamis, 06 Agustus 2020 23:06

Pasien Positif Covid-19 Melonjak, Satu RW di Desa Mojorejo 'Lockdown'

Senin, 06 Juli 2020 19:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Pasien Positif Covid-19 Melonjak, Satu RW di Desa Mojorejo
Ilustrasi.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kecamatan Junrejo, Kota Batu memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) di RW 06 Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo mulai 6 Juli pukul 00.00 WIB. Pasalnya sejak 2 hari terakhir, di RW ini sudah tercatat 7 orang yang dinyatakan konfirm positif Covid-19.

"Iya benar, telah dilaksanakan PSBL di salah satu RW di Desa Mojorejo," ungkap Arief Rachman Ardyasana, Ketua Gugus Tugas Kecamatan Junrejo, saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Senin (6/7).

Hal senada diungkapkan Rujito, Kepala Desa Mojorejo. Menurutnya, PSBL di RW 06 diberlakukan hingga 14 hari ke depan. Sebab di wilayah ini ada tambahan 4 orang lagi yang konfirm per hari Minggu (6/7) setelah sehari sebelumnya sudah 3 warga yang konfirm positif.

"Kemarin (5/7) ada tambahan konfirm 4 orang. 3 orang diisolasi ke shelter kota, 1 orang isolasi mandiri karena punya anak kecil," ujar Rujito. Hingga saat ini jumlah warga yang konfirm di RW 06 Desa Mojorejo sebanyak 11 orang.

"PSBL ini diberlakukan berdasarkan hasil koordinasi dengan satgas kecamatan. PSBL ini berlaku mulai Senin, 6 Juli pukul 00.00 hingga 14 hari ke depan," terangnya.

Dengan diberlakukannya PSBL di wilayah RW 06 Mojorejo, praktis mulai hari ini segala aktivitas warga harus melalui prosedur protokol kesehatan yang ketat.

Seluruh warga di wilayah ini wajib memakai masker. Bagi yang keluar masuk kampung untuk urusan penting, wajib menjalani sterilisasi serta pengecekan suhu tubuh.

Selain itu, ada pencatatan tamu yang masuk dan pemantauan terhadap warga yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah.

"Kami juga mengimbau warga untuk tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan yang sangat penting dan mendesak," pungkasnya.

Dihubungi terpisah, H. Sudiono, anggota Fraksi PKB DPRD Kota Batu yang juga warga Mojorejo mengatakan, PSBL di RW 06 diberlakukan setelah dilakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat, RT, RW, kepala dusun, kepala desa, BPD, dan camat.

"Kami berharap kepada masyarakat tidak mengucilkan warga karena ini bukan aib. Mari kita beri motivasi bersama," harapnya. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...