Di Tengah Keraguan Akibat Covid-19, Petani di Sampang Spekulasi Tanam Tembakau

Di Tengah Keraguan Akibat Covid-19, Petani di Sampang Spekulasi Tanam Tembakau Petani Gunung Maddah tetap tanam tembakau. Sebab, harga panen tanaman lain turun drastis di saat wabah Covid-19.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Petani di Desa Gunung Maddah Kecamatan Sampang, awal bulan Juli ini sudah mulai menanam bibit . Langkah petani tetap menanam  di tengah pandemi Covid-19 ini terbilang nekat.

Seperti disampaikan Busar, petani asal Dusun Gelisgis Desa Gunung Maddah, Kecamatan Sampang. Menurutnya, menanam di tengah pandemik Covid-19 bisa disebut spekulasi. Sebab, hasil panen petani terancam tak laku apabila pihak gudang masih tutup.

"Yang kami khwatirkan bukan soal virus Corona. Tapi, apakah pihak gudang nanti masih buka atau tidak. Itu saja yang mengganjal, kami takut kami setelah panen malah tidak ada yang beli," ucapnya.

Hal yang sama dialami petani di Kecamatan Robatal. Sebagian dari mereka masih ragu untuk menanam . Namun, sebagian petani lainnya memilih berspekulasi dengan tetap menanam .

Petani yakin, meski di tengah pandemik Covid-19, hasil panen tahun ini bakal melimpah. "Mayoritas petani di sini sudah mulai tanam . Tidak ada petani yang beralih ke tanaman yang lainnya saat memasuki musim tanam ," ujar Busar.

Memang diakuinya, di tengah pandemi Covid-19 ini seluruh sektor perekonomian lesu. Termasuk harga jual produksi dari petani turun drastis. "Apa sebabnya saya juga tidak paham, saat ini harga jual cabai saja turun drastis," keluhnya.

Kondisi inilah yang membuat petani berspekulasi menanam . Sebab menjadi salah satu tanaman andalan bagi petani.

"Kami tetap ke ladang mengurus tanaman, tidak terpengaruh dengan adanya virus corona. Jadi tanam pasti akan tepat waktu, sesuai musimnya," ujarnya.

Menurutnya, yang dikhawatirkan petani saat ini jika pabrik rokok tidak bersedia menyerap hasil panen petani. Atau kalaupun melakukan pembelian namun dengan harga murah, karena terdampak kenaikan cukai rokok beberapa waktu lalu. Ia berharap persoalan ini bisa teratasi saat menjelang panen. (hri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO