Senin, 26 Oktober 2020 22:45

​Sempat Ditunda, Zikir Bersama Majelis Ta'lim Roudlotus Salaf Akhirnya Terselenggara di Bangil

Minggu, 05 Juli 2020 11:54 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Fuad
​Sempat Ditunda, Zikir Bersama Majelis Ta
Suasana majelis zikir di kediaman Habib Umar.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pimpinan Majelis Ta'lim Roudlotus Salaf, Habib Umar Assegaf geram atas tindakan Pemerintah Desa Pulokerto, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan yang menunda jemaahnya untuk menggelar zikir bersama. Terpaksa, kegiatan tersebut akhirnya dipindahkan ke kediamannya di Kauman, Kelurahan Bendo Mungal, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Habib Umar mengatakan bahwa ini zikir bersama dan tujuannya minta kepada Allah supaya diselamatkan dari virus corona. "Supaya diselamatkan bangsa ini dari segala macam musibah, dijadikan negara yang damai dan aman. Kok malah dibatalkan, tanpa ada konfirmasi dengan kami juga, ada apa ini," ujarnya saat jumpa pers di kediamannya, Minggu (5/7/2020) dini hari.

Menurutnya, sebelum acara itu terselenggara, H-5 panitia sudah memberi surat pemberitahuan kepada pemerintah desa dan kepolisian setempat, namun acara tersebut ternyata tak mendapat izin.

Dia menjelaskan bahwa penundaan kegiatan pengajian oelh pemerintah desa setempat dikarenakan suasana pandemi corona, dan kebetulan warga sekitar ada yang dikabarkan positif. Namun yang bikin kecewa Habib Umar dan jemaahnya itu adalah tentang penundaan acara secara sepihak. Sebab, pada H-2 pemerintah desa mengadakan rapat untuk penundaan acara tersebut, namun tak mengundang pihak panitia majelis zikir.

Padahal panitia sudah menyiapkan tenda, lampu, 4.000 konsumsi (nasi bungkus), dan peralatan lainnya. Untuk menghindari kekecewaan jemaahnya, akhirnya Habib Umar menggelar acara tersebut di kediamannya.

"Bayangkan, panitia sudah menyediakan konsumsi 4 ribu nasi bungkus, terop (tenda), lampu, dan segala macam, ternyata dibatalkan. Akhirnya banyak warga yang kecewa. Selaku pimpinan majelis, saya tidak menginginkan adanya polemik, " terang Habib Umar.

Sebelum acara tersebut digelar di kediamannya, Habib Umar sudah menghubungi Polda Jatim, yakni Direktur Intelijen Polda Jatim, Slamet. "Kata Pak Slamet, 'kami hanya ikut perintah atasan Bib, yang punya wewenang terkait mengizinkan kegiatan itu adalah Gugus Tugas Covid-19'," ujar Habib Umar menirukan ucapan Direktur Intelijen Polda Jatim tersebut.

Selain Direktur Intelijen Polda Jatim, Habib Umar juga menghubungi Polres Pasuruan, tapi belum ada respons. "Terus saya itu mau diapakan, ngadain zikir gak diperbolehkan, sebenarnya pemerintah itu harus mengedepankan kepentingan bangsa. Karena zikir ini untuk mendoakan bangsa ini supaya terhindar dari bencana, maksiat, perpecahan, dan wabah penyakit," tutupnya. (afa/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 26 Oktober 2020 13:58 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mewanti-wanti dan minta seluruh masyarakat Jatim untuk mewaspadai risiko penularan Covid-19 sepanjang libur panjang Maulid Nabi. Hal ini lantaran, penambahan kasus positif coron...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Jumat, 23 Oktober 2020 10:38 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...