KPU Tuban Optimis Partisipasi Masyarakat Meningkat Meski di Tengah Pandemi

KPU Tuban Optimis Partisipasi Masyarakat Meningkat Meski di Tengah Pandemi KPU Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban optimis partisipasi masyarakat meningkat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua , Fatkul Iksan saat ditemui di kantor KPU setempat, Jumat (3/7).

Fatkul mengatakan, KPU RI menargetkan partisipasi masyarakat dalam pilkada serentak yang digelar di tengah pandemi Covid-19 ini sebesar 77,5 persen. Namun demikian, optimis mampu melampaui target yang ditetapkan oleh pusat tersebut.

"Kita optimis bisa melampaui target, apalagi pilkada nanti iklimnya berbeda dengan sebelumnya. Sekarang tidak ada calon incumbent," ujarnya.

Guna memenuhi target tersebut, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Tujuannya, untuk mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Kita akan terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat, kita yakin target ini bisa terpenuhi," imbuhnya.

Di samping itu, pelaksanaan pilkada serentak tahun ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19, sehingga setiap tahapan yang dilaksanakan harus menyesuaikan protokol kesehatan Covid-19.

"Seluruh petugas di lapangan akan dibekali APD lengkap, mulai marker, sarung tangan, hand sanitizer, dan face shield. Dari tahapan persiapan, hingga pelaksanaan pemungutan suara, dan rekap data tetap memperhatikan protokol kesehatan," tuturnya.

Tak hanya itu, untuk menghindari munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 di kalangan penyelenggara, seluruh badan ad hoc sampai di tingkat desa akan dilaksanakan rapid test.

"Semua petugas penyelenggara akan dilaksanakan rapid test. Jika nanti ditemukan petugas yang dinyatakan reaktif, akan dikarantina mandiri selama 14 hari. Seluruh anggarannya dari KPU RI," pungkasnya. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO