Jumat, 23 Oktober 2020 09:31

KPU Tuban Optimis Partisipasi Masyarakat Meningkat Meski di Tengah Pandemi

Jumat, 03 Juli 2020 20:20 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
KPU Tuban Optimis Partisipasi Masyarakat Meningkat Meski di Tengah Pandemi
KPU Kabupaten Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban optimis partisipasi masyarakat meningkat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan saat ditemui di kantor KPU setempat, Jumat (3/7).

Fatkul mengatakan, KPU RI menargetkan partisipasi masyarakat dalam pilkada serentak yang digelar di tengah pandemi Covid-19 ini sebesar 77,5 persen. Namun demikian, KPU Tuban optimis mampu melampaui target yang ditetapkan oleh pusat tersebut.

"Kita optimis bisa melampaui target, apalagi pilkada nanti iklimnya berbeda dengan sebelumnya. Sekarang tidak ada calon incumbent," ujarnya.

Guna memenuhi target tersebut, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Tujuannya, untuk mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Kita akan terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat, kita yakin target ini bisa terpenuhi," imbuhnya.

Di samping itu, pelaksanaan pilkada serentak tahun ini berlangsung di tengah pandemi Covid-19, sehingga setiap tahapan yang dilaksanakan harus menyesuaikan protokol kesehatan Covid-19.

"Seluruh petugas di lapangan akan dibekali APD lengkap, mulai marker, sarung tangan, hand sanitizer, dan face shield. Dari tahapan persiapan, hingga pelaksanaan pemungutan suara, dan rekap data tetap memperhatikan protokol kesehatan," tuturnya.

Tak hanya itu, untuk menghindari munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 di kalangan penyelenggara, seluruh badan ad hoc sampai di tingkat desa akan dilaksanakan rapid test.

"Semua petugas penyelenggara akan dilaksanakan rapid test. Jika nanti ditemukan petugas yang dinyatakan reaktif, akan dikarantina mandiri selama 14 hari. Seluruh anggarannya dari KPU RI," pungkasnya. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...