Senin, 10 Agustus 2020 23:27

​Razia Masker, Satpol PP Jombang Jaring 100 Pelanggar

Rabu, 01 Juli 2020 14:24 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
​Razia Masker, Satpol PP Jombang Jaring 100 Pelanggar
Satpol PP saat razia masker di Alun-Alun Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Jombang menggelar razia masker di sekitar alun-alun setempat, Rabu (1/7/2020).

Dalam razia tersebut, ratusan pengendara motor yang kedapatan tidak mengenakan masker diberhentikan oleh Korps Penegak Perda ini. Ada juga yang nekat menerobos petugas yang menghadang, ada pula yang balik arah saat mengetahui ada razia.

Mereka yang terjaring, kemudian ditanya dan didata alasan tidak mengenakan masker. Berbagai macam alasan akhirnya dilontarkan oleh pelanggar, yakni ada yang lupa, serta ada juga yang membawa masker tapi hanya dikantongi.

Selanjutnya, para pelanggar itu disuruh membuat surat pernyataan untuk tidak akan mengulangi kesalahan itu lagi. Jika nantinya tetap melanggar, maka akan diberikan sanksi tegas.

“Bagi yang melanggar, kita beri peringatan dengan membuat surat pernyataan. Sementara ada 100 pelanggar yang terjaring,” tutur Kabid Ketertiban Umum (Tibum) Satpol PP Jombang, Haris Aminudin.

Dijelaskan Haris, razia tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut Perbup No 34/2020 tentang Pengendalian Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jombang. Salah satu poin dalam peraturan tersebut, warga diharuskan mengenakan masker. Bagi yang melanggar, maka akan diberi peringatan.

“Kalau sudah diberi peringatan tapi tetap membandel dan tidak mau mengenakan masker, maka kita suruh bersih-bersih di tempat umum. Semisal, bersih-bersih alun-alun dan sebagainya,” pungkasnya.

Salah satu warga yang terjaring razia, Emi Yunifa mengatakan, dirinya mengetahui ada keharusan mengenakan masker selama masa pandemi Covid-19. Namun karena ada telepon dari ibunya, Emi pun terburu hingga lupa memakai masker.

“Tadi hanya disuruh tanda tangan surat pernyataan agar tidak mengulangi kesalahan serupa karena tidak memakai masker. Saya lupa, karena terburu-buru,” dalih warga Desa Brambang, Kecamatan Diwek, Jombang ini. (aan/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 10 Agustus 2020 20:48 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Tidak tanggung-tanggung, Pemkab Ngawi telah menyiapkan anggaran dari APBD senilai Rp 9,1 miliar untuk membuat area yang digadang-gadang akan menyerupai kawasan Malioboro Jogja.Budi Sulistyono, Bupati Ngawi melakukan pen...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...