Sabtu, 15 Agustus 2020 15:08

​Pembangunan Madura Lamban, Kelembagaan BPWS Perlu Ditata Ulang

Sabtu, 27 Juni 2020 12:43 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Ida Subaidah
​Pembangunan Madura Lamban, Kelembagaan BPWS Perlu Ditata Ulang
Syafiuddin Asmoro.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Syafiuddin Asmoro, anggota Komisi V DPR RI berkirim surat ke Presiden RI Ir. Joko Widodo guna meminta penataan dan penyempurnaan struktur kelembagaan Badan Pengembangan Wilayah (BPWS) Suramadu (Surabaya – Madura).

Menurut Syafiuddin, penataan ini perlu dilakukan agar BPWS dapat mengoptimalkan tugas pokok dan fungsinya.

"Berdasarkan hasil kajian dengan Universitas Trunojoyo Madura, saya ajukan surat kepada Presiden RI Ir. Joko Widodo pada 12 Februari lalu untuk ada penambahan Unsur Dewan Pengarah yang berasal dari 4 kepala daerah, yakni bupati serta tokoh masyarakat Madura yang aktif, baik itu ulama, umaro, dan blater," jelas dia kepada wartawan BANGSAONLINE.com, Sabtu (27/6/2020).

Ia juga meminta segera adanya pengangkatan Kepala Badan Pelaksana secara definitif. Kemudian dilanjutkan dengan pengangkatan kelengkapan struktur badan pelaksana lainnya. Agar pelaksanaan program dan kegiatan di lapangan dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Surat H. Syafiuddin dijawab Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Dalam surat jawaban itu, Airlangga Hartarto menyampaikan jika pada awal tahun 2019 Presiden RI sudah memberikan arahan untuk tetap mempertahankan kelembagaan BPWS.

"Dalam rapat dewan pengarah BPWS, menyepakati bahwa BPWS harus dipertahankan dan diperluas wilayah penugasannya di seluruh Pulau Madura dan sekitarnya. Dengan harapan mengurangi kesenjangan antar wilayah di Jawa Timur," jelas Menko Perekonomian melalui surat yang diterbitkan pada 31 Maret 2020.

Kemudian untuk penguatan kelembagaan BPWS, Menko Perekonomian mengusulkan pengangkatan Ir. Achmad Herry Marzuki, CES sebagai Kepala Badan Pelaksana, sedangkan Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri sebagai wakilnya.

"Dari pengusulan inilah, hingga saat ini Ir. Achmad Herry Marzuki memegang jabatan sebagai Plt Kepala Badan Pelaksana BPWS," ujarnya.

Airlangga juga mengusulkan perubahan struktur organisasi yang meliputi perubahan susunan anggota Dewan Pengarah, dan pembentukan Tim Penasehat yang beranggotakan para bupati dan tokoh masyarakat di Madura.

"Serta melakukan pembentukan deputi investasi sebagai upaya optimalisasi pengembangan wilayah Madura dan kepulauan sekitarnya melalui dukungan pihak swasta," pungkasnya. (ida/uzi/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 15 Agustus 2020 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...