Jadi Wisata Tangguh, Jatim Park 2 Mulai Buka Lagi 27 Juni 2020

Jadi Wisata Tangguh, Jatim Park 2 Mulai Buka Lagi 27 Juni 2020 Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama dan Wawali Batu Punjul Santoso saat meninjau area JTP 2, Kamis (25/6).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur Park (JTP) dipastikan buka lagi (reopening) tanggal 27 Juni 2020, setelah 3 bulan belakangan tutup akibat pandemi Covid-19. Reopening itu sekaligus jadi momentum launching JTP 2 sebagai salah satu wisata tangguh di tengah pandemi Covid-19.

"Ini nantinya akan menjadi percontohan bagi obyek wisata lainnya di ," ujar Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama saat meninjau kesiapan JTP 2, Kamis (25/6).

Jajaran kepolisian, lanjut Harviadhi, siap ikut andil mengamankan agenda reopening nanti dengan melibatkan sekitar 100 personel, ditambah dari TNI, gugus tugas, dan stakeholder lainnya yang terkait.

Ia mengungkapkan bahwa, Jatim Park 2 yang terdiri dari 4 area, yakni Museum Satwa, Batu Secret Zoo, Hotel Pohon Inn, dan Eco Green Park sudah menyurati tim Gugus Tugas Covid-19 , serta sudah dilakukan survei lapangan.

"Sesuai dengan petunjuk dari Gubernur Jatim, Kapolda, dan Pangdam V Brawijaya, bahwa tempat yang akan dibuka kembali seperti Jatim Park 2 harus disertifikasi terlebih dahulu oleh tim Gugus Tugas. Nanti akan dinilai layak dan tidaknya sesuai dengan standar protokol kesehatan. Jika layak, maka otomatis akan diberikan surat rekomendasi dari tim sertifikasi agar bisa dibuka kembali," terangnya.

Sementara itu, Wawali Punjul Santoso mengungkapkan, reopening JTP 2 dilakukan setelah pihak pengelola memastikan kesiapan dari segala sisi, terutama protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pihak pengelola di antaranya, harus menyiapkan ruang isolasi mengantisipasi adanya wisatawan yang suhu tubuhnya melebihi 37 derajat celsius.

"Secara umum sudah memenuhi standar, selain itu sudah disiapkannya tempat cuci tangan, hand sanitizer di beberapa sudut, termasuk alat sensor suhu tubuh bagi pengunjung. Namun secara teknis, masih ada yang perlu dibenahi dan penambahan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Disparta Imam Suryono mengatakan, ada tiga tempat yang sudah mengajukan reopening di masa transisi new normal. Namun, hanya ada dua tempat wisata yang lolos verifikasi yaitu, Kaliwatu Rafting dan Batu Flower Garden.

Manager Marketing JTP Grup, Titik S Aryanto membenarkan tanggal 27 Juni 2020 JTP 2 akan dibuka kembali. Segala persiapan sesuai standar protokol kesehatan sudah hampir rampung. Saat ini, pihaknya mengatakan masih akan menambah wastafel dan hand sanitizer di beberapa lokasi. Sedangkan untuk pembukaan kembali obyek wisata lainnya, seperti JTP 1, JTP 3, Museum Angkut, dan Batu Night Spectacular masih belum dijadwalkan. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO