Sabtu, 08 Agustus 2020 01:55

Jadi Wisata Tangguh, Jatim Park 2 Mulai Buka Lagi 27 Juni 2020

Kamis, 25 Juni 2020 19:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Jadi Wisata Tangguh, Jatim Park 2 Mulai Buka Lagi 27 Juni 2020
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama dan Wawali Batu Punjul Santoso saat meninjau area JTP 2, Kamis (25/6).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur Park (JTP) dipastikan buka lagi (reopening) tanggal 27 Juni 2020, setelah 3 bulan belakangan tutup akibat pandemi Covid-19. Reopening itu sekaligus jadi momentum launching JTP 2 sebagai salah satu wisata tangguh di tengah pandemi Covid-19.

"Ini nantinya akan menjadi percontohan bagi obyek wisata lainnya di Kota Batu," ujar Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama saat meninjau kesiapan JTP 2, Kamis (25/6).

Jajaran kepolisian, lanjut Harviadhi, siap ikut andil mengamankan agenda reopening nanti dengan melibatkan sekitar 100 personel, ditambah dari TNI, gugus tugas, dan stakeholder lainnya yang terkait.

Ia mengungkapkan bahwa, Jatim Park 2 yang terdiri dari 4 area, yakni Museum Satwa, Batu Secret Zoo, Hotel Pohon Inn, dan Eco Green Park sudah menyurati tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batu, serta sudah dilakukan survei lapangan.

"Sesuai dengan petunjuk dari Gubernur Jatim, Kapolda, dan Pangdam V Brawijaya, bahwa tempat yang akan dibuka kembali seperti Jatim Park 2 harus disertifikasi terlebih dahulu oleh tim Gugus Tugas. Nanti akan dinilai layak dan tidaknya sesuai dengan standar protokol kesehatan. Jika layak, maka otomatis akan diberikan surat rekomendasi dari tim sertifikasi agar bisa dibuka kembali," terangnya.

Sementara itu, Wawali Punjul Santoso mengungkapkan, reopening JTP 2 dilakukan setelah pihak pengelola memastikan kesiapan dari segala sisi, terutama protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pihak pengelola di antaranya, harus menyiapkan ruang isolasi mengantisipasi adanya wisatawan yang suhu tubuhnya melebihi 37 derajat celsius.

"Secara umum sudah memenuhi standar, selain itu sudah disiapkannya tempat cuci tangan, hand sanitizer di beberapa sudut, termasuk alat sensor suhu tubuh bagi pengunjung. Namun secara teknis, masih ada yang perlu dibenahi dan penambahan," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Disparta Kota Batu Imam Suryono mengatakan, ada tiga tempat yang sudah mengajukan reopening di masa transisi new normal. Namun, hanya ada dua tempat wisata yang lolos verifikasi yaitu, Kaliwatu Rafting dan Batu Flower Garden.

Manager Marketing JTP Grup, Titik S Aryanto membenarkan tanggal 27 Juni 2020 JTP 2 akan dibuka kembali. Segala persiapan sesuai standar protokol kesehatan sudah hampir rampung. Saat ini, pihaknya mengatakan masih akan menambah wastafel dan hand sanitizer di beberapa lokasi. Sedangkan untuk pembukaan kembali obyek wisata lainnya, seperti JTP 1, JTP 3, Museum Angkut, dan Batu Night Spectacular masih belum dijadwalkan. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...