Minggu, 09 Agustus 2020 06:52

Takut Ganggu Kesehatan, Warga Perak Jombang Tolak Pendirian Tower Seluler

Kamis, 25 Juni 2020 17:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Aan Amrulloh
Takut Ganggu Kesehatan, Warga Perak Jombang Tolak Pendirian Tower Seluler
Proses pengerjaan bangunan tower di Halaman SMP Sultan Agung Gadingmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Warga Dusun Bacek, Desa Gadingmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang menolak adanya pendirian bangunan tower seluler yang berada di wilayahnya.

Warga beralasan, adanya tower jaringan untuk salah satu operator seluler itu bisa mengganggu kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar bangunan tower. Bahkan, puluhan warga yang menolak itu juga telah melakukan tanda tangan di sebuah lembar pernyataan.

Surat pernyataan penolakan warga tersebut juga sudah disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang.

Ketua Karangtaruna Dusun Bacek, Eko Putra Sriyatno mengungkapkan, tak hanya dinilai mengganggu kesehatan masyarakat sekitar, kegiatan pembangunan tower juga belum mengantongi izin resmi. Padahal saat ini pihak pelaksana sudah mulai pengerjaannya.

“Karena kami takut bahaya radiasinya, ini juga belum ada izinnya. Beberapa waktu yang lalu ada sosialisasi soal adanya kegiatan ini, namun tiba-tiba sudah ada penggalian dan pekerjaan dimulai, makanya kami sepakat menolak,” ucapnya pada wartawan, Kamis (25/06/20).

Dijelaskan Eko, bangunan tower tersebut juga didirikan di atas tanah wakaf yang masih dalam sengketa. Selama ini, tanah wakaf tersebut digunakan untuk pendirian sebuah masjid dan sebuah sekolah SMP swasta. Hingga kini masih simpang siur siapa yang memberikan lampu hijau sehingga para pekerja tower ini mulai bekerja.

“Itu merupakan tanah wakaf, dan tower ini didirikan persis di halaman SMP Sultan Agung yayasan Badrul Huda. Informasinya yang memberikan izin pihak panitia wakaf,” jelas Eko yang didampingi oleh Pembina Karang Taruna setempat, Laode Usman.

Sementara, PT. Prolindo, perusahaan jasa konstruksi tower telekomunikasi di Dusun Bacek, Bambang, mengakui bahwa pihaknya belum mengantongi izin resmi terkait pendirian tower seluler tersebut. Dia juga memastikan akan menghentikan sementara pekerjaan tersebut sembari menunggu proses perizinannya selesai.

“Iya, izinnya memang masih proses jalan, kalau ada penolakan dari warga maka akan kami hentikan dulu, sampai izinnya keluar,” pungkas Bambang saat dihubungi melalui ponselnya. (aan/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...