Sabtu, 08 Agustus 2020 01:11

Bupati Kediri Resmikan Kampung Tangguh Kunjang

Senin, 22 Juni 2020 21:14 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Bupati Kediri Resmikan Kampung Tangguh Kunjang
Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno dan Dandim 0809, Letkol Kav. Dwi Agung saat meninjau kampung tangguh di Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno kembali meresmikan Kampung Tangguh Semeru. Kali ini di Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

Bupati datang bersama Dandim 0809 Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno dan Kapolres Kediri yang diwakili oleh Kapolsek Ngancar, AKP Iwan Setyo Budi, Senin (22/6/2020).

Kampung Tangguh Semeru di Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar ini, tidak berlokasi di balai desa seperti yang sudah-sudah, tetapi ditempatkan di Balai Pamitran yang sudah lama tak terpakai. Sebagai pusat lokasi Kampung Tangguh Semeru, tempat tersebut sudah dilengkapi dengan balai pertemuan, dapur umum, lumbung tempat menyimpan bahan makanan, dan tempat isolasi mandiri.

Pulung Tursilawanto, Ketua Kampung Tangguh Semeru menjelaskan, awal mula Kampung Tangguh Semeru Desa Kunjang ini dari adanya Warga Kunjang, Kecamatan Ngancar yang positif terpapar Covid-19.

“Dari situlah, kami beserta warga berinisiatif mendirikan tempat isolasi mandiri bagi warga yang positif Covid-19 dan warga pendatang yang baru pulang dari perantauan. Dengan begitu, baik pendatang maupun yang positif tidak berbaur dengan warga lainnya agar virus tersebut tidak menular,” jelasnya.

Tidak hanya dalam hal kesehatan, lanjut Pulung, keamanan di Kampung Tangguh Semeru ini dijaga dengan mendirikan pos kamling di setiap RT dengan difasilitasi HT sebagai alat komunikasi. Selain itu, untuk ketahanan pangan, warga menanam sayuran dan tanaman hortikultura. Dengan demikian, akan mengurangi intensitas warga pergi ke pasar demi mencegah penularan Covid-19.

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno menyampaikan harapannya bahwa setelah diresmikannya Kampung Tanggung Semeru ini, secara berkelanjutan masyarakat bisa patuh melaksanakan protokol kesehatan dengan jaga jarak, rajin cuci tangan, dan memakai masker jika keluar atau beraktivitas.

“Untuk ruang isolasi memang harus ada dua, yakni untuk warga yang positif sesuai hasil swab dan warga pendatang. Apalagi di Kecamatan Ngancar ini terdapat banyak tempat wisata, sebelum ada tingkat penurunan kasus Covid-19 atau wilayah tersebut masuk zona hijau, sampai saat ini belum berani membukanya. Kemudian bagi warga yang berkunjung, harus bisa menaati prosedur protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Bupati Kediri.

Usai acara seremonial, Bupati Kediri bersama Dandim 0809 meninjau lokasi dapur umum serta lumbung pangan. Diharapkan dengan adanya Kampung Tangguh Semeru ini, Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar bisa mandiri dalam menangani pandemi Covid-19, serta mampu mengubah pola pikir warga untuk hidup sehat dalam kesehariannya. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...