Sabtu, 08 Agustus 2020 16:03

Ekonomi Makin Terpuruk, Warga Suku Tengger Minta Wisata Bromo Dibuka

Minggu, 21 Juni 2020 20:19 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Supardi
Ekonomi Makin Terpuruk, Warga Suku Tengger Minta Wisata Bromo Dibuka
Hotel di Tosari tampak sepi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ekonomi para pelaku wisata Gunung Bromo, khususnya warga Suku Tengger, semakin terpuruk pasca wisata alam itu ditutup akibat pandemik Covid-19. Mereka pun meminta wisata Gunung Bromo segera dibuka.

"Saya minta kepada Pemerintah, agar wisata Gunung Bromo Desa Wonikitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Probolinggo segera dibuka," kata Suroto, salah satu sopir jip Wisata Bromo.

Menurutnya, para sopir jip wisata Gunung Bromo tak bisa lagi mengangkut wisatawan lokal maupun mancanegara sejak wisata ditutup. Sebab, kendaraan mereka praktis tak lagi beroperasi selama pandemi Covid-19. Mereka di Gunung Bromo.

Tidak hanya Suroto, warga Suku Tengger lainnya juga meminta pemerintah membuka tempat wisata Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru (TNBTS).

Pasalnya, sejak 4 bulan terakhir lokasi wisata tersebut ditutup oleh pemerintah, pelaku wisata kehilangan pendapatan. Untuk belanja kebutuhan sehari-hari saja, mereka mengaku mengalami kesulitan.

Mereka pun harus bekerja di bidang pertanian yang penghasilannya lebih kecil jika dibandingkan dengan jasa wisata, demi bisa bertahan hidup.

Dukungan agar wisata Gunung Bromo segera dibuka juga disampaikan oleh tokoh masyarakat setempat, Trisno Sudigdho. Ia meminta supaya bupati membuka tempat wisata yang sudah mendunia ini, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sekadar diketahui, kawasan wisata Gunung Bromo ditutup oleh pemerintah sejak 19 Maret lalu, akibat pandemik Covid-19. Saat itu penutupan bertepatan dengan acara ritual Cara Wulan ke Pitu. (par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...