Selasa, 04 Agustus 2020 12:58

​Masa Corona, Mualaf di Tuban Dapat Pembinaan dan Santunan

Jumat, 12 Juni 2020 19:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Suwandi
​Masa Corona, Mualaf di Tuban Dapat Pembinaan dan Santunan
Mualaf di Tuban dapat bantuan dari kemenag setempat.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Di masa wabah virus Corona, sejumlah mualaf di wilayah Kecamatan Bancar mendapatkan pembinaan dan santunan dari Kemenag Tuban di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, Jum'at (12/6).

Kepala Kemenag Tuban Sahid menyatakan, pihaknya memberikan bantuan peralatan salat, Al-Qur'an, paket sembako, dan uang tunai. Selain itu, juga memberikan santunan kepada para kaum dhuafa dan anak yatim. Harapannya, bantuan ini dapat meringankan beban mereka yang sedang membutuhkan. "Semoga bantuan ini bermanfaat untuk mereka," ujarnya.

"Sejak jadi mualaf, maka otomatis mereka sudah menjadi saudara warga kemenag dan saudara muslim lainnya. Bahkan, mulai mengucapkan syahadat, saat itu pula menjadi saudara. Karena mualaf merupakan orang yang beruntung sudah mendapatkan hidayah," ujar Sahid. 

"Orang yang sudah syahadat insyaallah masuk surga. Syahadat tidak sekadar ucapan namun sampai ke hati. Selain itu Mualaf seperti bayi yang baru lahir, semua dosa masa lalu hilang dihapuskan," katanya.

Di sisi lain, Sahid meminta agar umat muslim diminta meneladani Khalifah Umar bin Khattab. Sebab, dulu sebelum masuk Islam, ia adalah seorang pembangkang dan pembunuh, bahkan Rasul pun didzalimi. Kemudian Rasul berdoa semoga Umar diberi hidayah untuk masuk Islam.

"Akhirnya Umar bin Khattab masuk Islam dan sangat mencintai Islam. Tidak hanya hartanya yang diberikan kepada Islam, bahkan juga nyawanya," tambahnya.

Sementara itu Penyelenggara Syariah, Mashari mengatakan, selain santunan kepada muallaf dan muallaf binaan, Penyelenggara Syariah juga memberikan peralatan salat, Al-Qur'an, paket sembako dan uang tunai kepada dhuafa dan yatim piatu.

"Ini sebagai upaya untuk terus menguatkan para Mualaf dalam iman dan Islam," paparnya.

Di samping itu, diberikan pula santunan kepada para dhuafa' dan yatim piatu tetangga para mualaf tersebut.

Pada masa pandemi Covid-19 dan menyongsong new normal ini, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kemenag Tuban bisa berbagi kepada saudara yang kurang mampu. Terutama, bagi yang baru saja memeluk agama Islam.

"Semoga bantuan ini bisa menambah kebahagian bagi mereka," pungkasnya. (wan/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...