Plt. Kadinkes Trenggalek: Tak Perlu Takut Berinteraksi dengan Orang yang Sudah Sembuh dari Covid-19

Plt. Kadinkes Trenggalek: Tak Perlu Takut Berinteraksi dengan Orang yang Sudah Sembuh dari Covid-19 Plt. Kepala Dinas Kesehatan Trenggalek, dr. Saeroni. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE).

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Plt. Kepala Dinas Kesehatan , dr. Saeroni mengimbau masyarakat agar tidak takut bila harus berinteraksi dengan orang yang telah dinyatakan sembuh atau negatif dari Covid-19.

"Jadi pada prinsipnya, kalau sudah negatif itu kan gak ada virus di dalamnya (tubuh), dan kalau gak ada, berarti kan gak ada sumber penularannya," kata Saeroni melalui sambungan telepon, Jumat (12/6/2020).

Kendati demikian, kata Saeroni lebih lanjut, di masa pandemi Covid-19 saat ini, baik itu masyarakat yang sehat dan masyarakat yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19, hendaknya tetap mematuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan tersebut adalah menggunakan masker saat keluar rumah, jaga jarak ketika berinteraksi, dan sering mencuci tangan.

"Selama kita mematuhi protokol kesehatan, ya berarti kan gak masalah," cetusnya.

Ia berpesan kepada masyarakat yang mempunyai tetangga pernah dinyatakan positif Covid-19 lalu dinyatakan sembuh, agar tidak khawatir, apalagi merasa takut bila ingin berinteraksi dengan orang tersebut.

"Hasil swab kan sudah dinyatakan negatif. Jadi kepada masyarakat apabila ada tetangga atau ada pasien yang sudah sembuh, itu tidak perlu takut adanya sumber penularan," jelasnya.

"Jadi kalau bergaul ke luar rumah, ya pakai masker, sering cuci tangan, dan jaga jarak. Artinya, sudah bisa bergaul dengan masyarakat sekitarnya," tambahnya. (man/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO