Cina Caplok Wilayah India 60 Km2

Cina Caplok Wilayah India 60 Km2 Pasukan India berpatroli di jalur yang akan dicaplok Cina. foto: Foto PTI.

BANGSAONLINE.com - telah mencaplok wilayah seluas 60 km persegi, tepatnya di Ladakh Timur. Ketegangan pun muncul.

Tentara sebagai pengulangan intrusi Kargil Pakistan 1999, tetapi kali ini oleh . Tentara Pembebasan Rakyat (PLA - ) terus mengkonsolidasikan pertahanan mereka di wilayah Sungai Galwan dan Danau Pangong, hingga tiga kilometer di dalam wilayah itu. Sementara Angkatan Darat terus berpatroli dan mengklaim wilayah itu milik selama beberapa dekade.

Sama seperti intrusi Kargil, memungkinkan pasukan Pakistan untuk mendominasi jalan raya Srinagar-Zojila-Kargil-Leh dan mengancam akan memotong Ladakh dari Utara, intrusi ke lembah Sungai Galwan memungkinkan pasukan PLA mengabaikan Darbuk-Shyok-Daulat Beg yang strategis. Jalan raya Oldi (DSDBO) dan memutus satu-satunya hubungan militer sepanjang tahun dengan 'Sub-Sektor Utara' (SSN) yang terisolasi, di dasar Karakoram Pass.

Prajurit PLA telah menempatkan diri mereka di mulut lembah Sungai Galwan pada pertemuannya dengan Sungai Shyok, hanya satu setengah kilometer dari jalan DSDBO. PLA tampaknya bermaksud menguasari ruas jalan ini secara permanen.

Bahkan ketika pejabat tinggi menyatakan masalah ini dapat diselesaikan melalui dialog, PLA malah membangun bunker, insinyur malah membangun jalan yang menghubungkan pasukan PLA dengan infrastruktur jalan Tiongkok.

Sumber-sumber pemerintah secara konservatif memperkirakan bahwa PLA telah menguasai lebih dari 60 kilometer persegi wilayah , pada bulan lalu - yang sama-sama terbagi antara tepi utara Danau Pangong dan sektor Sungai Galwan.

Pasukan Tiongkok sekarang memblokir akses ke beberapa 'Titik Patroli' (PP) di sepanjang LAC, yang secara rutin dikunjungi patroli tentara selama beberapa dekade.

Sumber: https://www.rediff.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO