Selasa, 04 Agustus 2020 12:01

​Persiapkan New Normal, Kemenag Tuban Mulai Ukur Arah Kiblat

Jumat, 05 Juni 2020 18:12 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Persiapkan New Normal, Kemenag Tuban Mulai Ukur Arah Kiblat
Tim BHR Kabupaten Tuban sedang melakukan pengukuran arah kiblat, Jum'at (5/6).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Guna memenuhi permohonan pengukuran arah kiblat dari panitia pembangunan Masjid An-Nur Dusun Tlogonongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban mulai hari ini sudah terjun ke lapangan menyambut berlakunya WFO (Work From Office), Jum'at (5/6).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban Sahid mengatakan, layanan pengukuran kiblat ini guna memberikan kenyamanan umat dalam beribadah dalam mempersiapkan new normal.

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan layanan pengukuran arah kiblat, pihak pengurus masjid/musala harus mengajukan surat permohonan kepada Kemenag, melalui petugas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Setelah surat itu diterima dan dipelajari, Kemenag akan menugaskan timnya di Penyelenggara Syari'ah. Kemudian, Penyelenggara Syari’ah menugaskan tim pengukuran arah kiblat.

"Pada saat pengukuran arah kiblat dilakukan, pengurus masjid dan mushola harus hadir sebagai saksi dan pihak yang mengusulkan," tuturnya.

Kata dia, pengukuran arah kiblat ini harus segera dilaksanakan karena sangat mendesak. Sebab, sebentar lagi akan dimulai pembangunan masjid An-Nur. "Ya karena sangat mendesak, makanya dilakukan," imbuhnya.

Sementara itu, menurut panitia pembangunan masjid, Sudarmani, masyarakat di lingkungan Ngesong, Dusun Tlogonongko belum memiliki masjid sendiri. Sedangkan, masyarakat setempat jika Salat Jumat masih harus menempuh jarak 1 kilometer. 

Ia berharap, dengan akan dimulainya pembangunan masjid, masyarakat setempat semakin giat dalam beribadah kepada Allah SWT. "Selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim BHR Kabupaten Tuban atas bantuan pengukuran arah kiblat ini," paparnya.

Adapun data hasil dari pengukuran arah kiblat Masjid AN-NUR adalah sebagai berikut :

Hari: Jumat

Tanggal: 5 Juni 2020

Jam: 08.00 WIB

Lintang: 06° 57' 28.09" LS

Bujur: 111° 59' 38.70" BT

Berdasarkan rumus segitiga bola, diketahui bahwa azimuth kiblat Masjid An-Nur Dusun Tlogonongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding adalah:

a. 294° 08' 10.70" {Diukur dari titik utara sejati ke timur searah jarum jam}

b. 65° 51' 49.30" {Diukur dari titik utara ke barat}

c. 24° 08' 10.70" {Diukur dari titik barat ke utara}

Sementara itu, jarak jauhnya lokasi hingga ke Ka'bah adalah 8474.62 kilometer. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...