Sabtu, 15 Agustus 2020 14:40

LSM Genpatra Adukan Pelayanan PDAM Giri Tirta ke DPRD Gresik

Rabu, 03 Juni 2020 09:28 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
LSM Genpatra Adukan Pelayanan PDAM Giri Tirta ke DPRD Gresik
Ketua Komisi II DPRD Gresik, Markasim Halim Widiyanto bersama unsur pimpinan dan anggota ketika menemui LSM Genpatra, kemarin. foto: ist.

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Pemuda Nusantara (Genpatra) mengadukan layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta ke DPRD Gresik.

Langkah ini ditempuh lantaran layanan PDAM banyak dikeluhkan pelanggan. Mulai air yang tak mengalir sementara pembayaran tetap jalan, hingga pipa yang sering bocor.

Aduan ini kemudian direspons Komisi II (bidang keuangan dan perekonomian) dengan mengundang perwakilan LSM Genpatra dan jajaran direksi PDAM Giri Tirta untuk hearing (dengar pendapat), Selasa (2/6) kemarin. Sayang, pihak manajemen PDAM Giri Tirta tak ada yang hadir.

"Kami sangat kecewa dengan jajajaran manajemen PDAM Giri Tirta yang tak hadir di hearing Komisi II untuk menindaklanjuti pengaduhan Genpatra," ujar Jubir LSM Genpatra Jhon Oi, mendampingi Ketua Ali Candi kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (3/6).

Jhon Oi menyatakan, tak hadirnya manajemen PDAM Giri Tirta membuktikan tak ada niat baik untuk memperbaiki layanan dalam penyediaan air kepada masyarakat.

"Masa sekelas undangan rapat kerja DPRD yang ditujukan pihak PDAM, tidak satu pun manajemen atau perwakilan yang hadir," cetusnya.

Jhon Oi menilai, tidak hadirnya manajemen PDAM sama halnya dengan tak menghargai lembaga wakil rakyat. "Apa memang ada unsur kesengajaan untuk tidak hadir?," tanyanya.

Pada kesempatan ini, Jhon Oi juga menuding sejumlah proyek pipanisasi di PDAM Giri Tirta tanpa melalui tender atau lelang. Padahal, proyek tersebut nilainya mencapai miliaran rupiah.

"Mayoritas tender pegadaan pipanisasi di PDAM Giri Tirta tanpa lelang, langsung main tunjuk, padahal nilai di atas Rp 1 miliar hingga Rp 7 miliar lebih. Hal ini jelas melanggar UU," terangnya.

Ia juga menuding sejumlah proyek di PDAM tanpa persetujuan atau tandatangan Direktur Teknis (Dirtek) yang semestinya wajib, sebagai pejabat yang tahu masalah teknis di lapangan.

Sementara Direktur PDAM Giri Tirta, Siti Aminatus Zuriyah belum memberikan klarifikasi terkait ketidakhadiran dalam undangan hearing Komisi II DPRD Gresik. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 15 Agustus 2020 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...