Minggu, 12 Juli 2020 12:53

​Bupati Lamongan Salat Id di Rumah Dinas, Menantu Jadi Khatib

Minggu, 24 Mei 2020 19:40 WIB
Editor: MMA
​Bupati Lamongan Salat Id di Rumah Dinas, Menantu Jadi Khatib
Susana salat Idul Fitri keluarga Bupati Lamongan Fadeli di Rumah Dinas Bupati Lamongan, Jawa Timur, Ahad (24/5/2020). Tampak menantunya, Agoeng Pratomo Noegroho, menjadi khatib salat Id. foto: nurqomar/ bangsaonline.com.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) benar-benar menyentuh semua aspek kehidupan. Termasuk dalam pelaksanaan peribadatan dan kebiasaan dalam Idul Fitri 1441 H di Lamongan.

Bupati Fadeli tahun ini tidak melaksanakan salat Id di masjid manapun. Ia memilih melaksanakan salat Id berjamaah dengan keluarga inti di rumah dinas, Minggu (24/5).

Meski sholat jama'ah di rumah dinas, tapi tetap sesuai syarat-rukun salat Id. Bertindak sebagai khotib adalah anak menantunya, Agoeng Pratomo Noegroho.

Agoeng dalam khutbahnya menyampaikan untuk istiqamah selepas Ramadhan. Agar tidak menjadi hamba Ramadhan, yang beribadah di bulan Ramadhan saja.

"Jadilah hamba yang rabbaniyyin, yang beribadah sepanjang waktu," ujarnya.

Menurut dia, setidaknya ada 4 hal yang bisa dilakukan agar bisa istiqamah. Yakni senantiasa mengingat bahwa surga Allah menanti hamba-Nya yang istiqamah, dan buatlah setan bersedih dengan memaksakan diri untuk beramal shaleh.

Kemudian berkawan lah dengan orang-orang shaleh dan berdoalah kepada Allah agar senantiasa diberikan keistiqomahan.

Selain Bupati Fadeli, Wabup Kartika Hidayati, dan Sekkab Yuhronur Efendi juga melaksanakan Sholat Id berjamaah dengan keluarga inti di rumahnya masing-masing.

Sementara itu kebiasaan untuk menggelar open house selepas salat Id di Pendopo Lokatantra juga ditiadakan.

Sehingga, tidak terlihat antrian masyarakat umum di depan Pendopo Lokatantra, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Karena sudah sejak jauh hari diumumkan, tidak ada open house di Pendopo Lokatantra. (qom) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...