Selasa, 07 Juli 2020 19:08

​Istri Kiai Asep Tak Mau Kalah, Bagikan Uang Rp 250 Ribu per Orang untuk para Janda

Jumat, 22 Mei 2020 22:56 WIB
Editor: MMA
​Istri Kiai Asep Tak Mau Kalah, Bagikan Uang Rp 250 Ribu per Orang untuk para Janda
Ning Zahroh, putri Nyai Hj. Alif Fadlilah saat membagikan uang, kurma dan sewek kepada para janda di kediamannya Jalan Siwalankerto Utara, Jumat (22/5/2020). FOTO: MMA/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ternyata tidak hanya Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag yang dermawan dengan cara mendermakan hartanya kepada masyarakat. Istrinya, Nyai Hj. Alif Fadlilah juga tak mau kalah. Ia membagi-bagikan uang kepada para janda.

“Per orang Rp 250 ribu,” kata Nyai Hj.  Alif Fadlilah kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (22/5/2020) malam. Menurut wanita berkulit putih itu, selain uang, tiap janda juga diberi sewek (sarung perempuan) dan kurma.

“Ini sudah tiap tahun,” tutur Nyai Hj Fadlilah. Uang plus sewek dan kurma itu dibagikan kepada para janda di sekitar Pondok Pesantran Amanatul Ummah Jalan Siwalankerto Surabaya sekitar pukul 12.00 WIB.

(Para janda saat mengambil uang, kurma dan sewek di depan kediaman Nya Hj Alif Fadlilah. foto: MMA/ bangsaonline.com) 

Pantauan BANGSAONLINE.com, di lokasi banyak sekali janda datang antre di kediaman Nyai Hj. Fadilah. Satu per satu janda itu dilayani Ning Zahrah, salah satu putrinya. “Antri. Jagak jarak,” teriak seorang wanita yang mengatur antrian para janda itu.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, Kiai Asep dikenal sebagai kiai miliarder tapi dermawan. Kini bahkan Kiai Asep sedang sibuk membagikan 300 ton beras untuk para relawan penanganan Covid-19 dan korban terdampak secara sosial ekonomi virus corona. Kiai Asep tidak hanya bersedekah beras 5 kilo per orang, tapi juga membagi-bagikan 40 ribu sarung dan uang per orang Rp 50 ribu. 

(Nyai Hj Alif Fadlilah (paling kiri bersandar di pintu) saat membagikan uang saat menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun lalu, Senin (3/6/2019). foto: BANGSAONLINE.com)

Ternyata di lingkungan Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Kiai Asep bukan satu-satunya yang dermawan. Nyai Alif Fadlilah, istrinya, juga dikenal loman.

Bahkan untuk zakat fitrah, Nyai Alif Fadlilah, tidak mau berzakat 3 kilo per orang. “90 kilo untuk 7 orang,” kata Nyai Alif Fadhilah. Tujuh orang itu terdiri dari Kiai Asep, Nyai Alif Fadlilah, kakaknya Nyai Alif Fadlilah, dan empat anaknya. Nyai Alif Fadlilah punya 9 putra-putri. Tapi lima putra-putrinya sudah berkeluarga.

Nyai Hj Alif Fadlilah bersama sang suami, Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, M.Ag. foto: ist/ bangsaonline.com)

Nyai Alif Fadlilah mengelola kantin Pondok Pesantren Amanatul Ummah. Kantin itu khusus menyiapkan makan dan minum untuk para santri Amanatul Ummah yang jumlahnya sekitar 10.000 orang. Kantin itu ia kelola sendiri tanpa dibantu anak-anaknya. Maklum, putra-putrinya sudah diserahi tanggung jawab masing-masing. Kebetulan Pondok Pesantren Amanatul Ummah punya banyak usaha. Antara lain SPBE yang sempat diresmikan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Amanatul Ummah juga memiliki usaha laundry yang khusus mencuci pakaian para santri. Juga ada usaha air mineral yang tempo hari diresmikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Air mineral ini juga untuk menyuplai kebutuhan minum para santri, meski mulai diupayakan dipasarkan keluar.

Kini Pondok Pesantren Amanatul Ummah mulai merintis pabrik tahu dan roti. Tentu roti dan tahu ini kelak juga untuk menyuplai kebutuhan para santri.

Karena itu jangan heran jika Kiai Asep selaku suami sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah sering memuji istrinya saat pidato di depan umum. “Istri saya itu sangat pintar dan banyak uangnya,” kata Kiai Asep saat pidato di beberapa tempat. “Makanya istri saya tak mau pondok saya dibantu pemerintah. Kalau ada bantuan dari pemerintah, istri yang paling depan menolak. Istri saya bilang, untuk apa Mas, kalau Mas gak punya uang, saya kasih,” kata Kiai Asep sembari tertawa. (MMA) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...