Minimalisir Penularan Covid-19, Bupati Bojonegoro Imbau Warga Bermaafan Virtual

Minimalisir Penularan Covid-19, Bupati Bojonegoro Imbau Warga Bermaafan Virtual Bupati Anna Muawwanah dalam sebuah acara di Pendopo Pemkab Bojonegoro sore tadi.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Bupati Bojonegoro Anna Muawwanah mengimbau kepada masyarakat Bojonegoro agar bermaaf-maafan pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah secara virtual/online (SMS, WhatsApp, dan lain-lain). Hal itu guna meminimalisir penularan virus Covid-19.

Saling meminta maaf saat lebaran ini sudah menjadi tradisi bagi warga muslim saat Lebaran. Biasanya, antar warga bersalaman dan meminta maaf dengan mendatangi rumah tetangga dan sanak saudaranya.

Namun, pada masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah pusat termasuk Pemkab Bojonegoro mengimbau agar tradisi itu sementara dihindari.

"Sebaiknya tradisi silaturahim ke rumah tetangga dilaksanakan secara virtual sesuai anjuran Pemerintah Pusat," ujar Anna Muawwanah melalui Kasubbag Humas Pemkab Masirin, Rabu (20/5/20) sore.

Pemkab, lanjut dia, telah menggelar rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka penanganan Covid-19 pada masa Idul Fitri besok.

"Selain bermaaf-maafan secara virtual, Bupati juga mengimbau kepada seluruh warga Bojonegoro untuk dapat melaksanakan Salat Id di lingkungan keluarga masing-masing (di rumah)," sambung Masirin.

Terpisah, Ketua Harian MUI Bojonegoro KH. Alamul Huda juga mengimbau kepada masyarakat agar melakukan Salat Id di rumah saja pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah besok. Imbauan untuk melaksanakan Salat Id di rumah itu sesuai fatwa MUI pusat.

"Diperlukan untuk Salat Id di rumah bagi desa yang ada warganya positif Covid-19 sesuai hasil tes swab," ujarnya. (nur/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO