Sabtu, 28 November 2020 23:43

Minimalisir Penularan Covid-19, Bupati Bojonegoro Imbau Warga Bermaafan Virtual

Rabu, 20 Mei 2020 20:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Eky Nurhadi
Minimalisir Penularan Covid-19, Bupati Bojonegoro Imbau Warga Bermaafan Virtual
Bupati Anna Muawwanah dalam sebuah acara di Pendopo Pemkab Bojonegoro sore tadi.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Bupati Bojonegoro Anna Muawwanah mengimbau kepada masyarakat Bojonegoro agar bermaaf-maafan pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah secara virtual/online (SMS, WhatsApp, dan lain-lain). Hal itu guna meminimalisir penularan virus Covid-19.

Saling meminta maaf saat lebaran ini sudah menjadi tradisi bagi warga muslim saat Lebaran. Biasanya, antar warga bersalaman dan meminta maaf dengan mendatangi rumah tetangga dan sanak saudaranya.

Namun, pada masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah pusat termasuk Pemkab Bojonegoro mengimbau agar tradisi itu sementara dihindari.

"Sebaiknya tradisi silaturahim ke rumah tetangga dilaksanakan secara virtual sesuai anjuran Pemerintah Pusat," ujar Anna Muawwanah melalui Kasubbag Humas Pemkab Masirin, Rabu (20/5/20) sore.

Pemkab, lanjut dia, telah menggelar rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka penanganan Covid-19 pada masa Idul Fitri besok.

"Selain bermaaf-maafan secara virtual, Bupati juga mengimbau kepada seluruh warga Bojonegoro untuk dapat melaksanakan Salat Id di lingkungan keluarga masing-masing (di rumah)," sambung Masirin.

Terpisah, Ketua Harian MUI Bojonegoro KH. Alamul Huda juga mengimbau kepada masyarakat agar melakukan Salat Id di rumah saja pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah besok. Imbauan untuk melaksanakan Salat Id di rumah itu sesuai fatwa MUI pusat.

"Diperlukan untuk Salat Id di rumah bagi desa yang ada warganya positif Covid-19 sesuai hasil tes swab," ujarnya. (nur/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...