Rabu, 15 Juli 2020 09:22

​Per 1 Juni, Wali Kota Batu Wacanakan Buka Tempat Wisata dan Hotel, Ini Syarat Wajibnya

Rabu, 20 Mei 2020 17:26 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Agus Salimullah
​Per 1 Juni, Wali Kota Batu Wacanakan Buka Tempat Wisata dan Hotel, Ini Syarat Wajibnya
Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Setelah hampir tiga bulan operasionalnya ditutup, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko mewacanakan membuka kembali tempat wisata dan usaha perhotelan di Kota Batu. Namun, pihaknya masih akan melihat perkembangan penerapan PSBB di Malang Raya, termasuk di Kota Batu.

"Dari hasil evaluasi penerapan PSBB hingga hari ketiga, memang ada beberapa yang belum sesuai dengan SOP. Mudah-mudahan di hari keempat yang merupakan masa-masa penindakan, semua warga sudah paham dan sadar bahwa SOP memang harus diterapkan dan mereka bisa menaati peraturan itu," harap Dewanti Rumpoko. 

"Jika masyarakat tidak menaati apalagi euforia mau lebaran dan pergi ke mall, maka PSBB di Malang Raya dikatakan tidak sukses dan ada peluang PSBB diperpanjang seperti yang terjadi di Surabaya," sambungnya.

Pihaknya berharap pemberlakuan PSBB di Malang Raya tidak diperpanjang. Apalagi pihaknya sudah mewacanakan per 1 Juni 2020, akan mengoperasionalkan kembali tempat-tempat wisata yang hampir tiga bulan tutup, termasuk akan mengizinkan usaha perhotelan beroperasi kembali.

"Ya, per 1 Juni saya berniat Bismillah akan membuka tempat wisata dan jasa perhotelan di Kota Batu yang tentu saja sesuai dengan standar kesehatan. Jadi, kita ini kata Pak Presiden harus bersahabat dengan Covid-19. Bagaimana caranya, ya dengan beraktivitas normal seperti biasa, namun harus sesuai standar. Jadi, besok sampai vaksin ditemukan tetap beraktivitas normal sesuai SOP kesehatan Covid-19. Mungkin setahun ke depan," ujar mantan anggota DPRD Kota Malang Fraksi Golkar ini.

Dewanti juga mengutip pernyataan Pangdam V/Brawijaya, bahwa sukses tidaknya pemberlakuan PSBB ditentukan oleh dua aspek, yakni bagaimana kedisiplinan masyarakat dan penegakan hukum oleh aparat. Perpanjangan PSBB di Surabaya, kata Dewanti, dikarenakan dua faktor tersebut. "Insya Allah hal itu tidak akan terjadi di bumi Arema," harapnya.

Sementara itu, Manajer Marketing JTP Grup, Titik S. Aryanto mengungkapkan, jika wacana itu benar, maka protokol kesehatan harus benar-benar konsisten diterapkan, termasuk strategi promosinya. Menurutnya, hal ini tidak mudah dilakukan namun harus tetap dijalankan.

"Bagaimana ya, yang jelas protokol kesehatan harus benar-benar konsisten diterapkan, termasuk strategi pemasarannya. Ini tidak mudah, tetapi mau kapan lagi? Bisa jadi kita akan berdamai dengan Covid-19, kalau tidak kita akan berhenti di tempat," ungkapnya.

Bambang Priana, GM JTP 1 menyambut baik wacana pengoperasian kembali tempat wisata dan jasa perhotelan. Menurutnya, pihaknya mendukung rencana Wali Kota Batu membuka kembali tempat wisata dan perhotelan. Pihaknya sudah menyiapkan new procedure untuk reopening JTP 1 nantinya.

"Tentu kami mendukung keputusan Wali Kota dan kami di tim JTP 1 sudah menyiapkan new procedure untuk reopening di masa Covid-19 ini," katanya.

Sejumlah prosedur baru tersebut antara lain membuat pembatas antara karyawan dengan pengunjung untuk mengurangi kontaminasi, menentukan jumlah pengunjung setiap wahana 50 persen, melakukan pembersihan wahana sesering mungkin, mengurangi jumlah karyawan dalam satu ruangan, dan menandai lantai untuk social distancing.

"Selain itu di area wisata juga disiapkan hand sanitizer dan masker untuk pengunjung. Setiap pengunjung akan dilakukan thermo check pada saat masuk dan pulang, mewajibkan karyawan menggunakan masker dan mencuci tangan sesering mungkin, serta memberitahukan kepada calon pengunjung untuk pembukaan tahap 1 akan dilakukan pembatasan jumlah pengunjung untuk mempraktikkan social distancing," pungkasnya. (asa/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...