Selasa, 02 Juni 2020 21:46

Jadi Polemik, DPRD Ponorogo Akan Evaluasi Data Penerima Pembagian BLT Selanjutnya

Rabu, 20 Mei 2020 17:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Novian Catur
Jadi Polemik, DPRD Ponorogo Akan Evaluasi Data Penerima Pembagian BLT Selanjutnya
Ketua DPRD Ponorogo Sunarto, S.Pd didampingi Wakil Ketua Dwi Agus saat menjelaskan polemik data bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Polemik Bantuan Langsung Tunai (BLT) di tengah pandemi Covid-19 yang dirasakan banyak tidak tepat sasaran, membuat Ketua DPRD Ponorogo Sunarto, S.Pd. angkat bicara.

Ia mengaku sangat prihatin dengan kondisi tersebut. Apalgi, banyak RT maupun tingkatan di atasnya yang menjadi sasaran hujatan dan makian terkait data penerima bantuan dari Kemensos tersebut.

"Dalam konteks ini, kita tidak menyalahkan siapa pun. Mohon dengan hormat kepada semua masyarakat agar bisa memahami," pinta Sunarto, Rabu (20/5).

Ia menilai, data berbasis bottom up atau dari masyarakat yang digunakan sekarang ini sudah bagus dibandingkan dengan pola pendataan sebelumnya. 

"Meskipun harus kita akui ada beberapa yang salah sasaran seperti di Desa Sekaran ada pengaduan yang dobel. Setelah kita cek ternyata hanya satu yakni pasangan suami istri dan salah satunya sudah kita tahan untuk tidak dicairkan bantuan tersebut di Dinsos," sebutnya.

Sunarto menambahkan, di kota sendiri ada 9 kasus yang mestinya tidak layak untuk menerima bantuan, itu pun juga bisa tidak dicairkan melalui Dinsos.

Dari data 4.000 sekian yang menerima bantuan tersebut dicairkan lewat rekening ternyata rata-rata dari strata mampu. "Dan data itu pun kita tidak mengetahui asal muasal data itu dan bisa muncul untuk menerima bantuan 600 ribu rupiah setiap bulannya ke rekening masing-masing," ungkapnya.

Dengan melihat kejadian seperti itu, pihaknya dalam hal ini DPRD Ponorogo akan mengevaluasi tahap berikutnya mengapa mereka bisa mendapatkan data tersebut.

"Perlu saya sampaikan, total ada 200 ribu lebih KK yang mendapat bantuan. Tentunya tidak semuanya bisa menerima bantuan itu. Saya mengimbau kepada masyarakat agar lebih bijak dan jangan terus menerus menghakimi siapa pun," pungkasnya. (nov/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Senin, 01 Juni 2020 12:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<...