Kapolres Kediri Kota: Situasi Kamtibmas Kota Kediri Masih Kondusif

Kapolres Kediri Kota: Situasi Kamtibmas Kota Kediri Masih Kondusif Kapolres Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana (ketiga dari kiri) dan jajaran. (foto: ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Selama periode 1 bulan (April s/d Mei 2020), jajaran  berhasil meringkus 31 tersangka yang terdiri dari 9 tersangka kasus pidana umum, serta 22 tersangka kasus penyalahgunaan narkoba dan psikotropika.

Kapolres Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana mengatakan, dari tangan tersangka narkoba, polisi berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 40,61 gram sabu-sabu beserta alat hisap dan timbangan, dan 5.742 butir pil LL.

"Sementara khusus untuk tindak pidana umum, dari 9 orang yang berhasil ditangkap adalah merupakan pelaku tindak pidana curat, curas, dan pengeroyokan dengan barang bukti 3 unit sepeda motor, 1 unit HP, serta alat-alat yang digunakan dalam melakukan kejahatan," terang Kapolres, Senin (18/5/2020).

Kapolres mengungkapkan, untuk situasi Kamtibmas di wilayah hukum , masih kondusif. Hal itu terbukti dengan adanya penurunan angka kriminalitas dibanding periode yang sama tahun 2019, termasuk peningkatan jumlah pengungkapan atau crime clearance sebanyak 54 persen dari tahun kemarin di bulan yang sama.

Menurutnya, mulai pertengahan bulan Mei 2020 (1 minggu terakhir) telah dilaksanakan Operasi Pekat yang terfokus pada ungkap kasus Miras illegal yang mana Jajaran , berhasil mengungkap 20 kasus Miras baik dari Polres maupun Polsek jajaran dengan barang bukti Arjo sebanyak 67 botol, Kuntul 83 botol, Vodka 9 botol, Miras jenis lainnya sebanyak 18 botol, dengan keseluruhan total sebanyak 177 botol.

"Untuk kejadian Lakalantas di wilayah , adanya tren penurunan sebanyak 15 persen dari tahun 2019. Kita berharap dengan adanya edukasi kepada masyarakat dan kesadaran masyarakat, diharap kejadian laka lantas di Kota Kediri semakin berkurang," ungkapnya.

"Khusus penindakan balap liar, kami terus menggalakkan operasi. Dari hasil operasi khusus balap liar itu, kami berhasil mengamankan barang bukti Ranmor balap liar. Saat ini disimpan di GOR Joyoboyo sebanyak 23 kendaraan, di Mako Satlantas Jalan Brawijaya 13 kendaraan, dan di Mapolres Jalan KDP Slamet 17 kendaraan, total 53 kendaraan yang telah berhasil kami amankan," ujar Kapolres.

AKBP Miko Indrayana menyampaikan, menjelang Hari Raya  Idulfitri meskipun masih dalam pendemi Covid-19, masyarakat tetap harus berperan aktif menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing.

"Peran aktif masyarakat sangat berguna bagi aparat kepolisian. Informasi sekecil apa pun sangat membantu dalam kecepatan aparat untuk menindaklanjutinya," pungkasnya.

Sekadar informasi, data Ops. Ketupat Semeru 2020 , meliputi tilang sebanyak 102 (tren: -71,02%), teguran 284 (trend: -85,21%), kejadian Lakalantas 16 (trend: -55,56%), korban meninggal dunia 2 orang (trend: 0%), korban luka berat 1 orang (trend: 100 persen), korban luka ringan 31 orang (tren : -40,38), kerugian materiel sebanyak Rp 12.100.000 (trend: -45,98%). (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO