Gelar Rapid Test Massal, Tim GTPPC Lamongan Temukan 33 Orang Reaktif

Gelar Rapid Test Massal, Tim GTPPC Lamongan Temukan 33 Orang Reaktif Para petugas medis sedang melakukan rapid test massal di Pasar Sidoharjo.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPPC) Kabupaten mendapati sebanyak 33 orang reaktif usai melakukan rapid test di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan sejumlah pasar.

Juru Bicara GTPPC dr. Taufik Hidayat, menyebutkan, ke-33 orang tersebut berasal dari rapid test yang dilakukan dalam tiga hari terakhir di TPI Brondong dan sejumlah pasar di .

“Di TPI Brondong dan sejumlah pasar di sebanyak 650 sampel yang dilakukan rapid test, dan hasilnya 33 reaktif. Sisanya non reaktif," kata Taufik Hidayat.

Menurutnya, sebanyak 33 sampel yang hasilnya reaktif tersebut berasal dari TPI Brondong 23 sampel, Pasar Babat 1 sampel, Pasar Tingkat 1, Pasar Blimbing Paciran 5 sampel, serta Pasar Sidoharjo ada 3 sampel.

"Sedangkan hasil rapid test yang digelar di Pasar Agrobis Babat dan Pasar Ikan , semuanya hasilnya non reaktif," jelas pria yang juga Kepala Dinas Kesehatan ini.

Selain itu Taufik menuturkan, tindakan yang dilakukan GTPPC terhadap orang yang reaktif tersebut adalah melakukan tracing kontak erat, seperti keluarga, dan orang dekat.

"Selanjutnya dilakukan isolasi terhadap yang reaktif dan dilakukan swab. Kita berharap mereka taat protap pencegahan," tutur Taufik.

Di sendiri jumlah kasus terus menunjukkan peningkatan. Saat ini sebanyak 64 orang terkonfirmasi positif, 142 berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), serta 410 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Sebagai langkah antisipasi kian merebaknya virus Corona itu, Tim GTPPC Kabupaten terus mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan, selalu cuci tangan dengan sabun, serta selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. (qom/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO