Minggu, 12 Juli 2020 12:28

Gelar Rapid Test Massal, Tim GTPPC Lamongan Temukan 33 Orang Reaktif

Minggu, 17 Mei 2020 19:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Gelar Rapid Test Massal, Tim GTPPC Lamongan Temukan 33 Orang Reaktif
Para petugas medis sedang melakukan rapid test massal di Pasar Sidoharjo.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Lamongan mendapati sebanyak 33 orang reaktif Covid-19 usai melakukan rapid test di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan sejumlah pasar.

Juru Bicara GTPPC Lamongan dr. Taufik Hidayat, menyebutkan, ke-33 orang tersebut berasal dari rapid test yang dilakukan dalam tiga hari terakhir di TPI Brondong dan sejumlah pasar di Lamongan.

“Di TPI Brondong dan sejumlah pasar di Lamongan sebanyak 650 sampel yang dilakukan rapid test, dan hasilnya 33 reaktif. Sisanya non reaktif," kata Taufik Hidayat.

Menurutnya, sebanyak 33 sampel yang hasilnya reaktif tersebut berasal dari TPI Brondong 23 sampel, Pasar Babat 1 sampel, Pasar Tingkat 1, Pasar Blimbing Paciran 5 sampel, serta Pasar Sidoharjo Lamongan ada 3 sampel.

"Sedangkan hasil rapid test yang digelar di Pasar Agrobis Babat dan Pasar Ikan Lamongan, semuanya hasilnya non reaktif," jelas pria yang juga Kepala Dinas Kesehatan Lamongan ini.

Selain itu Taufik menuturkan, tindakan yang dilakukan GTPPC Lamongan terhadap orang yang reaktif tersebut adalah melakukan tracing kontak erat, seperti keluarga, dan orang dekat.

"Selanjutnya dilakukan isolasi terhadap yang reaktif dan dilakukan swab. Kita berharap mereka taat protap pencegahan," tutur Taufik.

Di Lamongan sendiri jumlah kasus Covid-19 terus menunjukkan peningkatan. Saat ini sebanyak 64 orang terkonfirmasi positif, 142 berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), serta 410 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Sebagai langkah antisipasi kian merebaknya virus Corona itu, Tim GTPPC Kabupaten Lamongan terus mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan, selalu cuci tangan dengan sabun, serta selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. (qom/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...