Sabtu, 31 Juli 2021 03:59

​Anggota DPRD Jatim: Eksekutif Harus Ikut Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

Jumat, 15 Mei 2020 21:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
​Anggota DPRD Jatim: Eksekutif Harus Ikut Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19
Deni Prasetya, Anggota DPRD Jatim. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 di Jawa Timur belum kunjung bisa dikendalikan. Karena itu, pemerintah meminta masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti physical distancing (jaga jarak), dan mencuci tangan (jaga kebersihan).

Anggota DPRD Jatim, Deni Prasetya mengingatkan tentang kewajiban menjaga jarak dan menjaga kebersihan itu, juga berlaku untuk pihak eksekutif selaku penyelenggara negara. Menurutnya, eksekutif harus menjadi pelopor dan contoh bagi masyarakat. Karena itu, Deni menyayangkan ada eksekutif yang justru melanggar protokol kesehatan Covid-19.

"Saya prihatin ada camat di Jember yang mengumpulkan massa di balai desa untuk menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Berita itu viral dan ramai diperbincangkan di media sosial karena dihentikan oleh polisi. Ini tentu menjadi preseden buruk," tutur Deni, Jumat (15/5/2020).

Anggota Fraksi Nasdem ini, mendukung langkah polisi untuk menghentikan acara yang membuat kerumunan massa tersebut. Hal itu, sesuai dengan Maklumat Kapolri dalam rangka penanganan Covid-19.

BACA JUGA : 

Bupati Hendy: Bertugas di Tengah Pandemi Covid-19 adalah Panggilan Kemanusiaan

Polresta Banyuwangi Bentuk Tim Tracer, Ini Tugas Tak Ringan yang Harus Dijalankan

​Doakan para Pemimpin Bisa Atasi Covid-19, Kiai Asep Minta Jangan Mengail di Air Keruh

Di Tengah Kesulitan (Pandemi) Selalu Ada Malaikat, Meski Ada yang Tega Jadi Setan

"Berkumpul lebih dari lima orang saja tidak boleh, ini malah mengumpulkan puluhan orang untuk membagikan Bansos (Bantuan Sosial) di balai desa. Tentu berisiko tinggi menularkan Covid-19," ujar anggota parlemen dari daerah pemilihan Jember dan Lumajang itu.

Deni menilai, pembagian bansos tunai kepada masyarakat adalah langkah yang bagus, karena bisa meringankan masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. Namun, tentu saja harus memperhatikan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Kader Ansor Kencong ini menambahkan, sebaiknya pembagian Bansos atau bantuan dalam bentuk apa pun, harus dilakukan secara door to door atau dari pintu ke pintu. Karena itu, pemerintah bisa menggandeng anggota TNI dan Polri dengan melibatkan juga RT/RW.

"Untuk saat ini, pembagian bantuan sebaiknya dilakukan secara door to door. Bila perlu, minta bantuan Babinsa atau Babinkamtibmas," pungkasnya. (mdr/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...