Minggu, 05 Juli 2020 11:23

​Anggota DPRD Jatim: Eksekutif Harus Ikut Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

Jumat, 15 Mei 2020 21:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
​Anggota DPRD Jatim: Eksekutif Harus Ikut Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19
Deni Prasetya, Anggota DPRD Jatim. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 di Jawa Timur belum kunjung bisa dikendalikan. Karena itu, pemerintah meminta masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti physical distancing (jaga jarak), dan mencuci tangan (jaga kebersihan).

Anggota DPRD Jatim, Deni Prasetya mengingatkan tentang kewajiban menjaga jarak dan menjaga kebersihan itu, juga berlaku untuk pihak eksekutif selaku penyelenggara negara. Menurutnya, eksekutif harus menjadi pelopor dan contoh bagi masyarakat. Karena itu, Deni menyayangkan ada eksekutif yang justru melanggar protokol kesehatan Covid-19.

"Saya prihatin ada camat di Jember yang mengumpulkan massa di balai desa untuk menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Berita itu viral dan ramai diperbincangkan di media sosial karena dihentikan oleh polisi. Ini tentu menjadi preseden buruk," tutur Deni, Jumat (15/5/2020).

Anggota Fraksi Nasdem ini, mendukung langkah polisi untuk menghentikan acara yang membuat kerumunan massa tersebut. Hal itu, sesuai dengan Maklumat Kapolri dalam rangka penanganan Covid-19.

"Berkumpul lebih dari lima orang saja tidak boleh, ini malah mengumpulkan puluhan orang untuk membagikan Bansos (Bantuan Sosial) di balai desa. Tentu berisiko tinggi menularkan Covid-19," ujar anggota parlemen dari daerah pemilihan Jember dan Lumajang itu.

Deni menilai, pembagian bansos tunai kepada masyarakat adalah langkah yang bagus, karena bisa meringankan masyarakat yang terdampak wabah Covid-19. Namun, tentu saja harus memperhatikan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Kader Ansor Kencong ini menambahkan, sebaiknya pembagian Bansos atau bantuan dalam bentuk apa pun, harus dilakukan secara door to door atau dari pintu ke pintu. Karena itu, pemerintah bisa menggandeng anggota TNI dan Polri dengan melibatkan juga RT/RW.

"Untuk saat ini, pembagian bantuan sebaiknya dilakukan secara door to door. Bila perlu, minta bantuan Babinsa atau Babinkamtibmas," pungkasnya. (mdr/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...