Rabu, 15 Juli 2020 08:49

Nekat Bawa Pemudik, Agen Travel Asal Tulungagung Ditilang dan Wajib Putar Balik dari Blitar

Kamis, 14 Mei 2020 14:56 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Nekat Bawa Pemudik, Agen Travel Asal Tulungagung Ditilang dan Wajib Putar Balik dari Blitar
Mobil travel saat diberhentikan petugas saat melintas di Jalan Raya Jimbe, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Kamis (14/5/2020).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Satlantas Polres Blitar menemukan sebuah mobil travel yang nekat membawa pemudik di tengah larangan pemerintah agar tidak melakukan mudik saat terjadinya pandemi Covid-19. Mobil travel ini diberhentikan petugas saat melintas di Jalan Raya Jimbe, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Kamis (14/5/2020).

Kasatlantas Polres Blitar, AKP Yoppy Anggi Krisna mengatakan, mobil travel tersebut melintas di Kabupaten Blitar sekitar pukul 09.00 WIB. Mobil dengan pelat nomor AG 1292 SW itu, membawa 5 penumpang. Mereka berangkat dari Tulungagung, hendak menuju ke Malang.

"Kendaraan ini diamankan di Pos Kademangan yang merupakan perbatasan Blitar dengan Tulungagung sekitar pukul 09.00 WIB. Kendaraan ini berangkat dari Tulungagung dengan tujuan ke Malang," ungkapnya.

Yoppy menjelaskan, awalnya sopir beralasan membawa keluarga, namun petugas tidak percaya begitu saja. Akhirnya, petugas mengumpulkan seluruh KTP semua penumpang dan petugas meminta penumpang turun satu per satu untuk dimintai keterangan. Setelah masing-masing penumpang dimintai keterangan, diketahui salah satu penumpang telah menelepon sebuah agen perjalanan di Tulungagung untuk pergi ke Malang.

Ia melanjutkan. dari keterangan inilah, akhirnya mau tidak mau semua penumpang dan sopir, mengaku bahwa kendaraan tersebut adalah mobil travel dengan pelat nomor hitam.

Atas kejadian ini, dilakukan penindakan tilang menggunakan Pasal 308 Jo 173 Ayat 1 Huruf (A dan B) UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Kita lakukan penindakan tilang terhadap sopir. Kemudian, para penumpang itu diharuskan menjalani tes kesehatan dan pengukuran suhu badan. Selanjutnya, kami kembalikan penumpang ke daerah asal dengan cara mencarikan tumpangan kendaraan. Selain itu, kendaraan travel tipe Toyota Innova juga kami tahan di Polres Blitar," tegasnya.

Sekadar informasi, Polres Blitar mendirikan 4 pos check point untuk menghalau pemudik yang hendak masuk Kabupaten Blitar. Keempat pos check point itu masing-masing berada di Kecamatan Selorejo, Kanigoro, Kademangan, dan Krisik.

Berdasarkan data Satlantas Polres Blitar, hingga kini ada sebanyak 156 kendaraan roda dua berpelat nomor luar kota yang dihalau dan diminta putar balik. Sementara untuk kendaraan roda empat, berjumlah 352 kendaraan, sedangkan kendaraan umum ada 2 yang diminta untuk putar balik. (ina/zar).

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...