Minggu, 12 Juli 2020 13:27

Reaktif Rapid Test Covid-19, 151 Pedagang di Bojonegoro Jalani Isolasi Terpadu

Selasa, 12 Mei 2020 19:49 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Eky Nurhadi
Reaktif Rapid Test Covid-19, 151 Pedagang di Bojonegoro Jalani Isolasi Terpadu
Kapolres Bojonegoro, AKBP M. Budi Hendrawan saat melakukan peninjauan di tempat isolasi.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 151 pedagang di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur diisolasi guna mencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Isolasi, dipusatkan di Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Bojonegoro, Masirin mengungkapkan, isolasi kepada ratusan pedagang sayur keliling itu pasca rapid test yang dilakukan petugas gabungan di tiga pasar di Bojonegoro beberapa waktu lalu, yakni Pasar Kota, Pasar Banjarejo, dan Pasar Dander.

"Mereka yang menjalani isolasi, karena terdeteksi reaktif Covid-19. Harapannya, dengan menjalani isolasi mereka bisa sehat kembali dan negatif Covid-19," ungkapnya, Selasa (12/5/20/2020).

Menurutnya, selain para pedagang yang sedang menjalani isolasi secara terpadu, Pemkab juga melakukan penutupan total tiga pasar selama tujuh hari, terhitung sejak kemarin (11/5/2020). Hal itu dilakukan, guna meminimalisir mobilitas penjual dan pembeli serta memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Penutupan berdasarkan hasil dari keputusan rapat bersama Gubernur Jatim. Pasar dinilai merupakan klaster baru penularan Covid-19, sehingga harus ditutup sementara," jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro, AKBP M. Budi Hendrawan saat melakukan peninjauan di tempat isolasi meminta para pedagang tidak bersedih dan selalu menjaga kesehatan. Kapolres juga memberi motivasi supaya warga yang menjalani isolasi, nyaman sampai waktu yang telah ditentukan.

"Kita beri motivasi dari jauh karena dilarang mendekat, sesuai aturan protokol kesehatan. Juga kita bawakan buah-buahan dan vitamin untuk menambah imun para pedagang rengkek yang sedang berada di rumah isolasi," ucapnya.

Selain meninjau di rumah isolasi, Kapolres juga akan mendatangi rumah keluarga para pedagang yang sedang diisolasi tersebut, dan akan membantu berikan sembako, "Karena mereka tidak bisa bekerja dalam kondisi isolasi ini. Terkait kondisi ratusan pedagang yang menjalani isolasi, hingga saat ini dalam keadaan sehat," pungkasnya. (nur/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...