Pelayanan Tukar Uang Rupiah Baru di Jember Ditiadakan

Pelayanan Tukar Uang Rupiah Baru di Jember Ditiadakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember .

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kantor Perwakilan (KPwBI) meniadakan pelayanan tukar uang rupiah secara online di perbankan dan drive thru di halaman GOR PKPSO Kaliwates melalui www.layananpenukaranjember.com.

Aturan ini diberlakukan dengan mempertimbangkan perkembangan situasi dan kondisi penyebaran Covid-19, dan pertimbangan dari otoritas setempat.

Mengenai informasi tentang tidak adanya layanan penukaran uang rupiah ini, KPwBI mengeluarkan siaran persnya, sejak Minggu (10/5/2020) kemarin.

"Jadi mempertimbangkan perkembangan penyebaran Covid-19 itu, BI meniadakan layanan penukaran uang," kata Kepala KPwBI Hestu Wibowo melalui siaran persnya.

Namun demikian, lanjut Hestu, Bank Indonesia tetap menjamin ketersediaan uang rupiah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan sekitarnya menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1441 Hijriah.

"Yakni dengan melakukan pemenuhan kebutuhan perbankan sebesar Rp 4,47 triliun," katanya.

juga berkoordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) guna memastikan tersedianya uang yang layak edar.

"Serta terus mengedukasi masyarakat tentang kedisplinan dalam menjaga kebersihan saat bertransaksi, dan tetap mengedepankan social dan physical distancing di tengah upaya Pemerintah menekan penyebaran COVID-19," jelasnya.

Selain itu, lanjut Hestu, pihaknya juga mendorong agar masyarakat mengoptimalkan fasilitas non tunai (transfer, RTGS, kliring, QRIS, internet banking, phone banking).

"Maupun aplikasi pembayaran non tunai lainnya untuk membantu pencegahan penyebaran wabah COVID-19," pungkasnya. (ata/yud/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO