Senin, 25 Januari 2021 19:56

Pakai Jenglot, Pria di Jember Ngaku Bisa Gandakan Uang, Korban Tertipu Ratusan Juta Rupiah

Selasa, 05 Mei 2020 22:19 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muhammad Hatta
Pakai Jenglot, Pria di Jember Ngaku Bisa Gandakan Uang, Korban Tertipu Ratusan Juta Rupiah
Kahar, warga Dusun Gumuk Segawe, Desa Pancakarya, Kecamatan Ajung, diduga kuat melakukan penipuan dan penggelapan uang.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kahar, warga Dusun Gumuk Segawe, Desa Pancakarya, Kecamatan Ajung, diduga kuat melakukan penipuan dan penggelapan uang. Bahkan, untuk meyakinkan korbannya, pria berumur 62 tahun ini menggunakan sarana jenglot untuk proses penggandaan uang yang dilakukan.

"Tersangka menyanggupi untuk menggandakan uang yang telah disetorkan korban menjadi Rp 3 miliar," kata Kapolsek Jenggawah AKP Sunarto saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (5/5/2020) petang.

Salah satu korbannya adalah Romlan (62), warga Desa/Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Korban dijanjikan oleh pelaku, bahwa uangnya bisa digandakan hingga Rp 3 miliar. Korban yang tergiur dengan iming-iming tersangka ini secara bertahap mentransfer uang ke rekening milik anak tersangka hingga mencapai Rp 370 juta.

Korban secara bertahap mentransfer uang, sejak Oktober 2019 hingga Maret 2020. Namun, korban tidak kunjung mendapatkan uang Rp 3 miliar yang dijanjikan. Ia pun merasa curiga dan meminta uangnya kepada tersangka.

"Tapi saat ditanyakan, uang tersebut tidak ada. Akhirnya ia pun melaporkan tersangka ke kepolisian," lanjut mantan Kasat Sabhara Polres Jember ini.

AKP Sunarto menambahkan, tersangka berhasil diamankan pada Senin (4/5/2020) kemarin. Dari hasil penyidikan, diketahui modus yang digunakan tersangka yakni dengan cara mengubur uang yang disetor korban, dengan dalih uang tersebut bisa berlipat ganda.

"Tersangka mengganti uang yang dikubur dengan uang palsu. Selain itu tersangka juga menggunakan jenglot sebagai media penipuannya," ungkapnya.

Saat ini tersangka masih disidik di Mapolsek Jenggawah. Diduga masih banyak korban lain dari kasus penipuan ini.

"Akibat perbuatannya, tersangka pun terancam terjerat pasal 378 subsider pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara," pungkasnya. (ata/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...