Selasa, 15 Juni 2021 12:52

Cegah Kebosanan Selama Belajar di Rumah, ini Kreativitas yang Dilakukan Siswi di Kediri

Selasa, 05 Mei 2020 15:29 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Cegah Kebosanan Selama Belajar di Rumah, ini Kreativitas yang Dilakukan Siswi di Kediri
Rossa Amellya Damayanti, siswi kelas 8 SMPN 8 Kediri yang melakukan hobinya, yakni menggambar dan menulis esai.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sejak 17 Maret 2020, sekolah se-Kota Kediri memberlakukan kegiatan belajar mengajar di rumah untuk memutus penyebaran Covid-19. Namun, beberapa murid mulai merasakan bosan dan stres. Mengantisipasi hal ini, beberapa siswi membuat beragam kegiatan yang menyenangkan di rumah.

Rossa Amellya Damayanti (14), siswi kelas 8 SMPN 8 Kediri, misalnya yang melakukan hobinya yakni menggambar dan menulis esai. “Saya ingin nulis seperti surat-surat Ibu Kartini,” kata Rossa, Selasa (5/5/2020).

Buku tentang surat-surat R.A Kartini, menginspirasinya untuk menulis. Sudah belasan lembar esai berhasil ditulisnya. “Belum tahu mau diapakan. Daripada di rumah tidak ada kegiatan dan bosan. Saya ingin bisa nulis novel juga,” katanya.

Selain menulis, ia juga suka menggambar motif batik dan sketsa wajah. Berlembar-lembar gambar dengan media pensil, ia buat selama liburan. Bahkan untuk sketsa wajah, relatif bagus, dan detail.

BACA JUGA : 

Penelitian Arkeologi Situs Candi Adan-Adan Tahap ke-5 Temukan Sudut Candi dan Dua Gentong

Puluhan Hafiz dan Hafizah Kota Kediri Ikuti Seleksi Tunjangan Kehormatan Program "Jatim Berkah"

Panji Agung dan Galuh Diah Wakili Kota Kediri Dalam Ajang Raka-Raki Provinsi Jawa Timur

Ditinggal Ayahnya Ambil Tas di Mobil, Bocah Empat Tahun Tewas di Kolam Renang Hotel

Hobi menulis juga dilakukan oleh Galuh Rahajeng (15), siswi kelas 9 SMPN 7 Kediri. Ia menulis cerita dan menerjemahkan manga di sela-sela belajar di rumah. "Biar tidak bosan, saya juga merajut. Sudah dari SD saya belajar merajut, baru sekarang ingat lagi karena banyak di rumah," katanya. Dua taplak mungil karyanya berhasil diselesaikan selama di rumah.

Lain halnya dengan Sascia Cindy Aulia (13), siswi kelas 8 SMPN 3 Kediri yang tetap di rumah dengan program latihan biola dari guru lesnya. “Setiap hari harus latihan minimal 10 menit. Jadi saya tiap hari ada kegiatan,” kata Sascia yang dari SD sudah belajar aneka alat musik. 

Selain biola, Sascia sebelumnya memainkan harmonika dan meraih beberapa juara di sekolahnya. Ia juga pernah menjuarai kejuaraan model yang dilakukan di Kota Kediri. Hanya kegiatan itu, tidak lagi ditekuni dan fokus pada bermain biola.

“Sebelum Covid-19, saya ada rencana mau pentas. Sudah diurus semuanya, namun akhirnya batal,” katanya. Beberapa lagu berhasil ia kuasai, dan ia sangat menikmati bermain musik. Kelak, ia ingin menjadi musisi dan dokter.

“Kalau ditanya sekarang, inginnya bisa duet sama Bunda Fey. Kan Ibu juga bisa main biola,” tambahnya. Fey yang dimaksud adalah Silviana Feronica, istri Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar. (uji/zar)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2[email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...