Jumat, 14 Agustus 2020 17:18

Cegah Kebosanan Selama Belajar di Rumah, ini Kreativitas yang Dilakukan Siswi di Kediri

Selasa, 05 Mei 2020 15:29 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Cegah Kebosanan Selama Belajar di Rumah, ini Kreativitas yang Dilakukan Siswi di Kediri
Rossa Amellya Damayanti, siswi kelas 8 SMPN 8 Kediri yang melakukan hobinya, yakni menggambar dan menulis esai.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sejak 17 Maret 2020, sekolah se-Kota Kediri memberlakukan kegiatan belajar mengajar di rumah untuk memutus penyebaran Covid-19. Namun, beberapa murid mulai merasakan bosan dan stres. Mengantisipasi hal ini, beberapa siswi membuat beragam kegiatan yang menyenangkan di rumah.

Rossa Amellya Damayanti (14), siswi kelas 8 SMPN 8 Kediri, misalnya yang melakukan hobinya yakni menggambar dan menulis esai. “Saya ingin nulis seperti surat-surat Ibu Kartini,” kata Rossa, Selasa (5/5/2020).

Buku tentang surat-surat R.A Kartini, menginspirasinya untuk menulis. Sudah belasan lembar esai berhasil ditulisnya. “Belum tahu mau diapakan. Daripada di rumah tidak ada kegiatan dan bosan. Saya ingin bisa nulis novel juga,” katanya.

Selain menulis, ia juga suka menggambar motif batik dan sketsa wajah. Berlembar-lembar gambar dengan media pensil, ia buat selama liburan. Bahkan untuk sketsa wajah, relatif bagus, dan detail.

Hobi menulis juga dilakukan oleh Galuh Rahajeng (15), siswi kelas 9 SMPN 7 Kediri. Ia menulis cerita dan menerjemahkan manga di sela-sela belajar di rumah. "Biar tidak bosan, saya juga merajut. Sudah dari SD saya belajar merajut, baru sekarang ingat lagi karena banyak di rumah," katanya. Dua taplak mungil karyanya berhasil diselesaikan selama di rumah.

Lain halnya dengan Sascia Cindy Aulia (13), siswi kelas 8 SMPN 3 Kediri yang tetap di rumah dengan program latihan biola dari guru lesnya. “Setiap hari harus latihan minimal 10 menit. Jadi saya tiap hari ada kegiatan,” kata Sascia yang dari SD sudah belajar aneka alat musik. 

Selain biola, Sascia sebelumnya memainkan harmonika dan meraih beberapa juara di sekolahnya. Ia juga pernah menjuarai kejuaraan model yang dilakukan di Kota Kediri. Hanya kegiatan itu, tidak lagi ditekuni dan fokus pada bermain biola.

“Sebelum Covid-19, saya ada rencana mau pentas. Sudah diurus semuanya, namun akhirnya batal,” katanya. Beberapa lagu berhasil ia kuasai, dan ia sangat menikmati bermain musik. Kelak, ia ingin menjadi musisi dan dokter.

“Kalau ditanya sekarang, inginnya bisa duet sama Bunda Fey. Kan Ibu juga bisa main biola,” tambahnya. Fey yang dimaksud adalah Silviana Feronica, istri Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...