Senin, 26 Oktober 2020 22:29

Lumajang Jadi Kabupaten Terbanyak Pasien Positif Corona di Wilayah Tapal Kuda

Kamis, 30 April 2020 23:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Imron Ghozali
Lumajang Jadi Kabupaten Terbanyak Pasien Positif Corona di Wilayah Tapal Kuda
Sekda Kabupaten Lumajang, Agus Triono saat memberikan informasi penambahan pasien positif Corona.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Kasus Coronavirus Disease atau Covid-19 di Kabupaten Lumajang bertambah setiap harinya. Bahkan per hari ini, Kamis (30/4) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, Agus Triono menyampaikan ada penambahan dua orang positif Covid-19.

"Hasil swab telah diterima Pemkab Lumajang, dua orang dinyatakan Positif Covid-19," kata Agus.

Dua orang tersebut menambah daftar pasien yang terjangkit Covid-19 menjadi 20 orang. "Kemarin baru 18 orang, kini sudah 20 orang," katanya, Kamis (30/4).

Agus mengatakan, dua orang tersebut merupakan warga Kecamatan Sumbersuko dan Kecamatan Rowokangkung. Dari Kecamatan Sumbersuko, pasien berinisial S (43). Ia punya riwayat melakukan perjalanan dari kota Surabaya, dan kemudian mengalami sesak napas dan demam.

"Pada tanggal 07 April 2020 menjalani rawat inap di RSUD dr. Haryoto Lumajang dengan diagnosa Pneumonia. Kemudian pada tanggal 29 April 2020 hasil swab test dinyatakan positif Covid-19, saat ini menjalani rawat inap di ruang isolasi RSUD dr. Haryoto Lumajang," terangnya.

Sementara itu, dari Kecamatan Rowokangkung, inisial EA (43). Pasien menjalani rawat inap di Rumah Sakit Wijaya Kusuma Lumajang pada tanggal 17 April 2020 dengan diagnosa infeksi paru-paru, gagal jantung, efusi pleura. Kemudian pada tanggal 24 April 2020 kondisi membaik dan diperbolehkan pulang.

"Namun pada tanggal 29 April 2020 hasil swab test dinyatakan positif Covid-19, saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya," ujarnya.

Agus menyatakan, sudah separuh kecamatan di Kabupaten Lumajang masuk zona merah. Yakni, Kecamatan Kedungjajang, Klakah, Randuagung, Sukodono, Lumajang, Padang, Rowokangkung, Sumbersuko, Tempeh, dan Pasirian.

Untuk itu, Agus menekankan kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lumajang. "Mari kita bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 dengan senantiasa memakai masker, tidak perlu bepergian keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak, hindari kerumunan, dan senantiasa menjaga kebersihan, utamanya melakukan cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir," pesannya.

Dalam kesempatan ini, Agus juga menyampaikan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 333 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 50 orang.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang, Bayu Wibowo mengungkapkan, bahwa angka 20 orang pasien positif Corona di Kabupaten Lumajang merupakan yang tertinggi di wilayah Tapal Kuda.

"Lebih tinggi dibanding kabupaten sekitar kita. Paling tinggi di Tapal Kuda. Harus hati-hati dan selalu memakai masker," pungkasnya. (ron/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 26 Oktober 2020 13:58 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mewanti-wanti dan minta seluruh masyarakat Jatim untuk mewaspadai risiko penularan Covid-19 sepanjang libur panjang Maulid Nabi. Hal ini lantaran, penambahan kasus positif coron...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Jumat, 23 Oktober 2020 10:38 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...