Sabtu, 04 Juli 2020 17:23

Djarum Foundation Bantu Ribuan APD di Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Selasa, 28 April 2020 13:25 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Djarum Foundation Bantu Ribuan APD di Rumah Sakit Rujukan Covid-19
Branch Manager Djarum Jember Doddy Wahyu Wibowo memberikan bantuan APD untuk RS Bhaladika dan RSUD dr. Soebandi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Djarum Foundation menyerahkan masing-masing 100 alat perlindungan diri (APD) jenis pakaian kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soebandi dan Rumah Sakit Baladhika Husada, di kantor cabang perusahaan setempat, Selasa (28/4).

APD diserahkan langsung Branch Manager Djarum Jember Doddy Wahyu Wibowo kepada Kepala Humas RSUD dr. Soebandi Septyono Haryawan dan perwakilan RS Baladhika Husada Letnan Dua Wahyu.

"Covid-19 ini sudah menjadi pandemi, artinya kita tidak bisa mengedepankan pemerintah saja dalam menyelesaikannya. Kita sebagai warga Indonesia punya kewajiban saling bantu," kata Doddy.

Terkait sumbangan pakaian APD yang diberikan, Doddy menyebut sudah tahapan kesekian kalinya dan dimungkinkan akan berlanjut ke rumah sakit lainnya yang membutuhkan.

Kepala Humas RSD dr. Soebandi Septyono Haryawan, membenarkan saat ini alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 sangat dibutuhkan. Khusus di RSUD dr. Soebandi dan RS Baladhika Husada Jember, kebutuhan APD bisa mencapai ribuan buah.

"Dalam sehari kami butuh di masing-masing poli, 5 sampai 10 APD, untuk masing-masing dokter. Ada kurang lebih 20 unit pelayanan, yang masing-masing satu dokter," kata dr. Soebandi Septyono Haryawan, Selasa (28/4/2020) siang.

Untuk penggunaan APD tersebut, kata pria yang akrab dipanggil dokter Iwan ini, paling utama digunakan petugas medis yang melakukan kontak langsung.

"Seperti di ruang isolasi dan ruang bedah, bahkan di ruang perawatan jalan pun juga pakai APD (kondisi saat ini). Tapi, kita utamakan yang emergency (darurat, red) dulu," katanya.

APD yang saat ini ada di RSUD dr. Soebandi Jember, kata dokter Iwan, jumlahnya ada kurang lebih 1.000 buah.

"Mungkin sekitar 1.500-an APD. Kalau diperkirakan dengan kebutuhan yang ada, cukup untuk 10 hari ke depan. Jadi kami masih butuh banyak. Apalagi petugas (medis) sekarang di masing-masing klinik bergiliran. Masing-masing unit poli jalan, kita ada sekitar 20 petugas dan dokter," ulasnya.

"Terkait kebutuhan dan fungsi APD itu, satu APD jenis pakaian itu, dipakai untuk menangani satu pasien. Ganti pasien, ganti satu APD. Ganti APD itu wajib dilakukan saat merawat pasien covid-19 yang memiliki gejala batuk atau pilek, bahkan kondisi untuk merawat OTG pun juga kita pakai APD," tuturnya. (ata/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...