Selasa, 15 Juni 2021 20:36

Masuk Ramadhan, Sejumlah Pengikut Aliran Syiah di Sampang Kembali ke Ajaran Sunni

Jumat, 24 April 2020 18:45 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Bahri
Masuk Ramadhan, Sejumlah Pengikut Aliran Syiah di Sampang Kembali ke Ajaran Sunni
Subir beserta keluarganya menandatangani pernyataan usai dibaiat di Pondok Pesantren (PP) Darul Ulum, Kecamatan Omben, Sampang.

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Awal Ramadhan ini, satu keluarga mantan pengikut aliran Syiah di Sampang menyatakan kembali ke ajaran Ahlus-Sunnah wal Jamaah (Sunni). Baiat untuk kembali ke ajaran Sunni ini disaksikan pengurus NU, para alim ulama, dan Forkopimda Sampang, Kamis (23/4).

Proses baiat itu dilakukan di Pondok Pesantren (PP) Darul Ulum, Desa Gersempal, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang. Adalah Subir dan keluarganya yang memantapkan hati untuk kembali ke ajaran Ahlus-Sunnah wal Jama’ah.

Sebelumnya, Subir dan keluarganya menjadi salah satu pengikut aliran Tajul Muluk yang kini diungsikan di Rusun Puspa Agro, Jemundo, Sidoarjo.

Proses baiat tersebut dipimpin oleh KH. Lutfillah Wakil Rais Syuriah PCNU Sampang dan disaksikan KH. Syaifudin Abd. Wahid Pengasuh PP. Darul Ulum sekaligus Rais Syuriah PCNU Sampang. Turut hadir juga Forkopimka Omben, Tim 5 Desa Karang Gayam yang terdiri dari Ust. Mahdi, K. Hafit, Mudehri, H. Abd. Malik, dan Muhlis.

BACA JUGA : 

Ancam Bunuh Mahfud MD, Kini Mastur Minta Maaf dan Mohon Diselesaikan di Luar Hukum

​Hadiri Sertijab Wali Kota, Gubernur Khofifah Menginisiasi Sister City Surabaya-Sampang

​Syiah Salat Cuma Tiga Waktu, Hizbut Tahrir bolehkan Cium Cewek Bukan Muhrim, Ini Alasannya

​Dr Jalaluddin Rakhmat Wafat, dari Keluarga NU, Jadi Tokoh Muhammadiyah, Lalu Pemimpin Syiah

Usai kegiatan, KH. Syaifudin Abd. Wahid mengatakan bahwa kegiatan tersebut atas dasar keinginan untuk mengembalikan para warga yang sempat meninggalkan ajaran Ahlus-Sunnah wal Jama’ah beberapa tahun terakhir.

“Sudah ada puluhan yang sudah kembali ke ajaran Ahlus-Sunnah wal Jama’ah, Alhamdulillah, setelah proses baiat juga dilakukan penandatanganan disaksikan langsung semua pihak terkait,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Camat Omben Tanda Sulistiana, mengatakan bahwa kegiatan tersebut sudah dikoordinasikan dengan Tim 5 Desa Karang Gayam. Bahkan, baiat sempat terjadi penundaan akibat salah satu persyaratan yang belum dilengkapi.

“Kami sangat berterima kasih kepada para ulama dan kiai sesepuh yang telah memfasilitasi proses baiat ini,” katanya.

“Untuk selanjutnya Subir bersama istri dan dua anaknya akan kembali ke Desa Karang Gayam untuk menjalankan aktivitas sehari-hari,” timpalnya. (hri/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...