Bupati Blitar Minta Warganya Patuhi Larangan Mudik

Bupati Blitar Minta Warganya Patuhi Larangan Mudik Petugas melakukan pengecekan kendaraan di perbatasan Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.co m- Presiden Joko Widodo resmi melarang mudik lebaran untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19). Menindaklanjuti hal ini, Bupati Rijanto menegaskan agar warga Kabupaten yang sedang merantau ke luar daerah ataupun luar negeri mematuhi larangan tersebut.

Sebelumnya Pemkab juga telah memberikan berbagai imbauan agar warganya tidak mudik. Namun dengan adanya kebijakan dari Presiden, Kabupaten secara otomatis akan mengikuti kebijakan tersebut. Dari yang semula hanya berbentuk imbauan tegas, berubah menjadi larangan.

"Presiden adalah pimpinan tertinggi. Dengan adanya kebijakan ini, tentunya kami yang di daerah harus mengikuti. Saya harap semua warga Kabupaten yang sedang merantau mengikuti kebijakan ini demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Rijanto, Kamis (23/4/2020).

Dengan adanya larangan ini, dia juga menginstruksikan seluruh jajarannya mulai dari tingkat desa untuk lebih ketat dalam pengawasan orang yang baru pulang dari luar kota dan luar negeri.

"Sebenarnya sejak sebulan lalu kami sudah menginstruksikan desa dan kecamatan untuk mengecek warganya yang baru kembali dari luar kota ataupun luar negeri. Namun sekarang kami akan memperketat, kades dan camat saya minta untuk aktif memberi sosialisasi kepada warga untuk meminta anggota keluarganya yang merantau tidak mudik dulu. Bagi yang terlanjur mudik tetap akan diisolasi selama 14 hari," tegasnya.

Terpisah, Kapolres AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya mengatakan Polres mendirikan tiga pos penyekatan di seluruh titik perbatasan masuk menuju wilayah Kabupaten . Pihaknya akan melakukan pencegahan masuknya pemudik ke Kabupaten Sesuai dengan Cara Bertindak di lapangan, yang sudah disampaikan oleh Mabes Polri.

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO