Kawal Permasalahan Ketenagakerjaan, LBH Ansor Jatim Siap Jalin Kerja Sama dengan Disnaker

Kawal Permasalahan Ketenagakerjaan, LBH Ansor Jatim Siap Jalin Kerja Sama dengan Disnaker LBH Ansor Jatim dipimpin Ketua Muhammad Rutabuz Zaman saat berbincang dengan Kadisnaker Jatim Dr. Himawan Estu Bagio.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 telah membawa dampak di pelbagai bidang persoalan sosial ekonomi masyarakat, tak terkecuali bidang ketenagakerjaan. Hal ini direspons oleh LBH Ansor Jatim dengan membuka posko pengaduan online bagi masyarakat, baik di bidang ketenagakerjaan, perlindungan konsumen, kesehatan, dll.

Kamis (20/4), Ketua LBH Ansor Jatim Muhammad Rutabuz Zaman, S.H., M.H. bersama Koordinator Tim Posko Pengaduan LBH Ansor Jatim, Mahmud Junaidi, S.H., S.I.P., serta Koordinator Divisi Pendampingan Korban Mokh. Soleh, S.H. berkunjung ke Kantor Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur. Mereka diterima langsung oleh Kadisnaker Jatim Dr. Himawan Estu Bagio, S.H., M.H.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua LBH Ansor Jatim Rutabuz Zaman menyampaikan tentang posko pengaduan online yang telah dibuka oleh LBH Ansor Jatim dalam merespons dampak Covid-19. Ia menegaskan, LBH Ansor Jatim siap mengawal permasalahan yang dialami warga akibat dampak pandemi, khususnya terkait ketenagakerjaan seperti karyawan yang di-PHK.

Dalam kesempatan itu, LBH Ansor Jatim juga ikut urun rembuk terkait kebijakan Kartu Prakerja yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai solusi bagi karyawan atau buruh yang mengalami PHK atau dirumahkan.

Rutabuz Zaman mengingatkan agar seleksi para penerima kartu dilakukan secara ketat. “Jangan sampai kondisinya disamaratakan atau dipukul rata. Perlu dilakukan penelitian di lapangan kondisi masing-masing karyawan. Dan LBH Ansor Jatim selain penerima pengaduan dampak Covid-19, juga akan melakukan survei penelitian melalui divisi litbangnya,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO