Rabu, 15 Juli 2020 05:27

Sehari Bebas, Tiga Napi Eks Asimilasi Kembali Berulah, Begini Alasannya

Senin, 20 April 2020 12:22 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Akina Nur Alana
Sehari Bebas, Tiga Napi Eks Asimilasi Kembali Berulah, Begini Alasannya

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tiga orang narapidana kembali berulah setelah bebas dari program asimilasi dan pembebasan bersyarat akibat wabah Covid-19. Mereka melakukan aksi pencurian sepeda motor di pasar sayur Kecamatan Wlingi beberapa waktu lalu.

Satu orang berhasil diamankan, dua lainnya hingga kini masih diburu petugas kepolisian. Para pelaku baru bebas dari Lapas Kelas II B Blitar selama sehari sebelum melakukan aksi pencurian.

"Pencurian ini terjadi pada 4 April lalu, atau sehari setelah pelaku dibebaskan dari Lapas setelah ada program asimilasi dan pembebasan bersyarat akibat wabah Covid-19," ujar Wakapolres Blitar Kompol Arif Kristanto, Senin (20/4/2020).

Berdasarkan pengakuan pelaku yang tertangkap MS (32), dia dan kedua temannya nekat kembali melakukan pencurian karena tidak memiliki uang setelah keluar dari Lapas. Pria yang berasal dari Kabupaten Sumenep, Madura itu mengatakan tidak punya biaya kembali ke Sumenep hingga akhirnya nekat kembali melakukan tindak kriminal.

Sebelumnya dia ditahan di Lapas Kelas II B Blitar karena kasus penjambretan dengan vonis 1 tahun penjara. Sebelum dibebaskan, dia telah menjalani setengah masa hukuman.

"Rencanannya buat biaya pulang kampung ke Sumenep. Karena setelah keluar saya gak lagi punya uang untuk biaya pulang," ungkap MS.

Kata dia, dari tiga orang pelaku tersebut, dua berasal dari Lapas Kelas II B Blitar. Sementara satu dari Lapas Tulungagung. Begitu bebas, mereka membuat janji untuk bersama-sama melakukan aksi kriminal di wilayah Kabupaten Blitar.

"Saya dan satu orang teman saya dari Lapas Blitar. Yang satu lagi dari Lapas Tulungagung," ujar MS.

Sebelumnya, MS dan dua orang rekannya melakukan aksi pencurian di Pasar Sayur Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Dia babak belur dihakimi massa setelah terpergok membawa kabur motor seorang pedagang sayur.

Kronologis kejadian, korban yang bernama Miswanto (42) datang ke Pasar Sayur Wlingi untuk menjual dagangannya. Dia memarkir motor Suzuki Satria FU di luar pasar. Korban kemudian mengantar sayuran dagangannya. Tak berselang lama, korban kembali dan tidak mendapati motornya berada di tempat semua dia parkir. Sementara barang dagangannya berserakan di tanah.

Lalu korban melihat dua orang sedang menuntun sepeda motor miliknya kira-kira jaraknya kurang lebih sekitar 150 meter. Melihat orang tak dikenal menuntun motornya, korban kemudian berteriak maling hingga pelaku langsung kabur meninggalkan sepeda motor miliknya di tengah jalan.

Warga yang melihat kejadian itu kemudian beramai-ramai mengejar pelaku. Satu pelaku tertangkap warga dan sempat dihadiahi bogem di bagian wajah. Sementara pelaku lainnya barhasil kabur. (ina/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...