Sabtu, 15 Agustus 2020 15:32

Dinyatakan Sembuh, Pasien Positif Corona di Lumajang Dipulangkan dari Rumah Sakit

Rabu, 15 April 2020 14:03 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Imron Ghozali
Dinyatakan Sembuh, Pasien Positif Corona di Lumajang Dipulangkan dari Rumah Sakit
AZ, pasien sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 serelah dirawat intensif di ruang Usolasi RSUD Haryoto Lumajang.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Satu dari delapan pasien positif Corona Virus atau Covid-19 di Kabupaten Lumajang dinyatakan sembuh setelah dirawat di ruang Isolasi Rumah Saki Daerah (RSUD) dr. Haryoto Lumajang.

Bahkan karena kondisi semakin membaik, satu pasien itu dipulangkan ke rumahnya untuk isolasi mandiri selama seminggu.

"Satu pasien secara klinis dinyatakan sangat membaik, sehingga bisa kita kembalikan ke rumah untuk melakukan isolasi mandiri dan selanjutnya sebagai orang sehat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dr. Bayu Wibowo kepada sejumlah awak media saat mengumumkan satu pasien Posotif Covid-19 sembuh, di depan ruang isolasi RSUD dr. Haryoto Lumajang, Rabu (15/04).

Pasien tersebut Inisial AZ, berasal dari Kecamatan Randuagung. Sebelumnya, AZ terpapar Covid-19 setelah pulang dari Jakarta. Bayu mengatakan, kesembuhan AZ atas kerja sama semua pihak.

"Jadi itu adalah kerja sama dan kerja keras dari teman-teman di Rumah Sakit Haryoto dan kerja sama semua pihak sehingga pada hari ini untuk pertama kalinya rumah sakit ini sudah dinyatakan sembuh semoga yang lain akan menyusul," terangnya.

Selanjutnya, dr. Bayu berharap meskipun sudah ada yang dinyatakan sembuh, masyarakat tetap waspada dengan penyebaran virus yang mudah menular tersebut. dr. Bayu tetap mengimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker sebagai bentuk langkah antisipatif pencegahan Covid-19.

"Ini adalah penyakit menular dari orang ke orang, dan penularan melalui droplet. sehingga yang paling aman dari kita adalah kita pakai masker, masker yang aman, yang benar. kalau masker yang benar jadi tidak hanya mulutnya tapi hidungnya," ujarnya.

Sementra Direktur RSUD dr. Haryoto Kabupaten Lumajang, dr. Halimi Maksum menjelaskan, AZ pertama menjalani perawatan di RSUD dr. Haryoto sejak tanggal 19 Maret 2020 dan dirawat di ruang isolasi Alamanda selama 3 hari. 

"Dari hasil pemeriksaan, secara klinis kondisinya membaik, namun tetap dilakukan swab test. 6 hari kemudian hasil swab test keluar dengan hasil yang positif," terangnya.

AZ menjalani serangkaian perawatan oleh tim medis RSUD dr. Haryoto hingga dinyatakan negatif setelah 2 kali melakukan test. 

"Melalui berbagai macam perawatan di sini dan dilakukan test sebanyak 2 kali hasilnya negatif, pada tanggal 6 April 2020 dan 9 April 2020 hasil kemarin rilis negatif secara kriteria bisa dinyatakan sembuh dari proses perawatan," tambahnya.

Di sisi lain, Dokter Spesialis Paru yang menangani AZ, dr. Dwi Yulianti, Sp.P mengatakan, dalam saat menjalani perawatan pihaknya tidak memberikan obat-obatan secara spesifik karena kondisinya baik. "Tidak ada obat yang spesifik sebetulnya ya, karena ini waktu yang kedua kondisinya membaik, jadi waktu yang kedua kita hanya memberikan vitamin-vitamin," ujarnya.

Dwi Yulianti menyampaikan hari ini pasien AZ akan diantarkan pulang, meskipun sudah dinyatakan sembuh, AZ masih harus menjalani isolasi secara mandiri di rumah selama satu minggu supaya kondisinya benar-benar membaik. (ron/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 15 Agustus 2020 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...